Satgas Covid-19: Vaksinasi Lansia Bisa Daftar ke Puskesmas, Tinggal Bawa KTP

17 June 2021, 22:12

Ilustrasi

PEKANBARU, KOMPAS.com – Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi mengungkapkan, saat ini pelaksanaan vaksinasi di Riau masih berlanjut. Prioritas vaksin saat ini masih untuk kelompok warga lanjut usia (lansia).

“Dari sekitar 964.846 target vaksinasi di Provinsi Riau, yang masih rendah adalah kelompok lansia,” kata Yovi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (17/6/2021).

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Riau, hingga saat ini jumlah lansia yang sudah divaksin dosis pertama sebanyak 40.929 orang atau 7 persen dari target sasaran sebanyak 582.505 orang.

Baca juga: Kejar Sekolah Tatap Muka, Vaksinasi Lansia Dialihkan untuk Guru Sumsel

Sedangkan untuk dosis kedua, realisasinya masih rendah, baru sebanyak 18.629 orang atau sekitar 3 persen saja dari total target sasaran.

Melihat rendahnya realisasi vaksinasi untuk kelompok lansia, Yovi mengimbau kepada masyarakat agar yang memiliki orangtua di rumah dengan usia 50 tahun ke atas supaya segera dibawa untuk divaksin.

Baca juga: Dokter Lansia di RSCM Tak Rasakan Efek Samping Setelah Vaksinasi Covid-19

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bawa KTP, bisa daftar vaksinasi ke puskesmas

Warga bisa mendapatkan vaksinasi ke puskesmas maupun ke lokasi vaksinasi mobil keliling yang disiapkan oleh Pemkot Pekanbaru.

“Dengan KTP saja sudah bisa dilakukan vaksinasi. Namun, sebelum dilakukan penyuntikan vaksin, tetap dilakukan pemeriksaan kesehata atau di-screening dulu, layak atau tidak dilakukan vaksinasi dari segi kesehatan,” kata Yovi.

Pihaknya berharap realisasi pelaksanaan vaksinasi untuk kelompok lansia bisa ditingkatkan.

Sehingga angka kematian pada lansia akibat Covid-19 dapat di tekan.

Sebab, kata Yovi, saat ini banyak kasus kematian akibat Covid-19 yang terjadi pada pasien yang usianya di atas 50 tahun.

“Banyak yang meninggal dunia akibat Covid-19 adalah orang yang usianya di atas 50 tahun,” sebut Yovi.

Baca juga: Termakan Hoaks, Capaian Vaksinasi Lansia di Padang Rendah


https://regional.kompas.com/read/2021/06/17/213955778/satgas-covid-19-vaksinasi-lansia-bisa-daftar-ke-puskesmas-tinggal-bawa-ktp

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi