Sambut Idul Fitri, Warga Binaan Lapas Tua Tunu Pangkalpinang Disuntik Booster

2 April 2022, 11:09

Sambut Idul Fitri, Warga Binaan Lapas Tua Tunu Pangkalpinang Disuntik Booster

Langkah ini sebagai antisipasi terjadinya peningkatan mobilitas dan interaksi sosial di masyarakat seiring pemerintah yang mengizinkan ibadah berjemaah selama bulan Ramadhan.

Kepala Binda Bangka Belitung, Imam Santoso mengatakan, percepatan vaksinasi juga menyasar seluruh lapisan masyarakat termasuk warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang ada di Babel, antara lain Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Tua Tunu Pangkalpinang.

Dikatakan Imam Santoso, vaksinasi lengkap hingga dosis booster bagi semua WBP akan mencegah terbentuknya klaster penyebaran Covid-19 di lingkungan lapas.
 
“Pelaksanaan vaksinasi booster bagi para WBP sangat penting, menyangkut keselamatan semua penghuni hingga penjaga, petugas, hingga keluarga pengunjung lapas,” kata Imam Santoso dalam keterangannya, Sabtu (2/4).

“Dan alhamdulillah kegiatan ini berlangsung lancar sebagai hasil sinergitas instansi antara Binda Babel bersama Lapas Kelas II A Tua Tunu Pangkalpinang,” imbuhnya.

Menurutnya, lingkungan lapas memiliki potensi yang besar untuk menjadi kluster penyebaran Covid-19. Hal ini karena adanya interaksi sosial yang tinggi antar warga binaan maupun petugas lapas.
 
“Kegiatan vaksinasi menjadi langkah mitigasi untuk melindungi warga binaan dan petugas lapas dari penyebaran Covid-19,” katanya.
 
Imam menegaskan, vaksinasi booster mempercepat terbentuknya kekebalan komunal di lingkungan lapas, membantu menutup berbagai celah bagi virus corona untuk menyebar, termasuk subvarian Omicron BA.2 yang kini telah ditemukan di banyak wilayah di Tanah Air.

 
“Kekebalan komunal harus terus kita dorong untuk terbentuk dan meningkat kualitasnya di semua elemen dan lini masyarakat. Dengan demikian penyebaran Covid-19 tidak menemukan celah untuk berkembang, termasuk tidak di lingkungan lapas,” pungkasnya.


https://nusantara.rmol.id/read/2022/04/02/528949/sambut-idul-fitri-warga-binaan-lapas-tua-tunu-pangkalpinang-disuntik-booster

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi