Sambut HUT ke-77 RI, Eks Napiter Tabur Bunga di Makam Pahlawan

16 August 2022, 9:52

Selasa, 16 Agustus 2022 – 09:36 WIB

VIVA – Puluhan mantan narapidana terorisme (napiter) dan keluarganya mengikuti upacara tabur bunga di makam pahlawan menjelang peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Para eks napiter yang tergabung dalam wadah Yayasan Gema Salam itu menggelar tabur bunga dan ziarah di Makam Pahlawan Kusuma Bakti Solo dan Taman Makam Pahlawan Yudo Swargoloyo Sukoharjo pada Senin, 15 Agustus 2022.

Para eks napiter yang mengikuti kegiatan ziarah dan tabur bunga di makam pahlawan tampak mengenakan pakaian putih yang dipadu dengan celana panjang berwarna hitam. Sedangkan di pita berwarna merah putih tampak diikatkan di bagian kepalanya. Para eks napiter dan keluarga tampak khusyuk mengikuti rangkaian upacara tabur bunga di makam pahlawan.

Ilustrasi Taman Makam Pahlawan.

Ilustrasi Taman Makam Pahlawan.

Photo :

  • http://www.radar-bogor.co.id

Selain mendoakan, mereka juga meletakkan karangan bunga sebagai penghormatan kepada para pahlawan pejuang kemerdekaan yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bakti Solo. Setelah dari Solo, mereka melanjutkan kegiatan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Yudo Swargoloyo yang terletak di Sukoharjo.

Ketua Yayasan Gema Salam, Joko Tri Hatmanto mengungkapkan para eks napiter dan keluarganya mengikuti kegiatan tabur bunga dan ziarah di makam pahlawan untuk mengenang jasa-jasa perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Dengan kegiatan itu, ia pun berharap tumbuh rasa nasionalisme di kalangan para eks napiter dan keluarganya.

Pekerja memperbaiki makam yang rusak akibat tertimpa pohon di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. (Foto ilustrasi).

Pekerja memperbaiki makam yang rusak akibat tertimpa pohon di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. (Foto ilustrasi).

Photo :

  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

“Tujuan kami ingin mengenang jasa pahlawan sehingga kami dan keluarga tumbuh rasa nasioalisme untuk membela Tanah Air dan mendukung program pemerintah. Selain itu Gema Salam berkomitmen siap berkontribusi mewujudkan Indonesia yang damai,” kata Joko atau yang akrab dipanggil Jack Harun, eks napiter kasus bom Bali.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1509981-sambut-hut-ke-77-ri-eks-napiter-tabur-bunga-di-makam-pahlawan

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi