RUU ITE dan RUU Pemasyarakatan Masuk Prolegnas

16 September 2021, 14:42

KBRN, Jakarta: Badan Legislasi (Baleg) DPR RI melakukan Rapat Kerja dengan Menkumham dan DPD RI membahas usulan RUU Prolegnas tahun 2021.

Ketua Baleg, Supratman Andi Agtas menyatakan DPR dan Pemerintah menyepakati, 4 RUU masuk Prolegnas tahun 2021, yaitu RUU KUHP, Revisi UU ITE, Revisi UU Pemasyarakatan, dan Revisi UU BPK yang diusulkan oleh DPR.

“Menyepakati bersama dengan Pemerintah, 3 usulan Pemerintah terkait dengan RUU yang baru yakni RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana status carry-over,” kata┬áSupratman Andi Agtas di Ruang Baleg, Rabu (15/9/2021).

“Kemudian RUU tentang Lapas status carry-over dan juga perubahan terhadap UU ITE itu masuk sebagai usulan baru dalam prolegnas tahun 2021,” jelasnya.

Sementara itu, Menkumham, Yasonna Hamonangan Laoly mengapresiasi dukungan Baleg terhadap pembahasan 4 RUU tersebut.

Pemerintah menyebut, terang dia, urgensi pembahasan RUU tersebut karena kebutuhan hukum. Sehingga diperlukan dalam waktu dekat.

“Jadi setelah mencermati waktu dan tadi pembicaraan yang cukup alot di antara kita, kami sepakat dan apreasiasi apa yang disampaikan oleh pimpinan,” jelasnya.

Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly berharap dengan sisa waktu yang ada di 2021 ini sekitar 3 bulan, 5 RUU itu dapat dipercepat dibahas dan segera selesai.


https://rri.co.id/nasional/politik/1189779/ruu-ite-dan-ruu-pemasyarakatan-masuk-prolegnas?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi