Rute KRL Berubah, Penumpang Pilih Berangkat Lebih Awal

30 May 2022, 12:06

JAKARTA, KOMPAS.com – Penumpang KRL yang terdampak perubahan pola operasi KRL membutuhkan perkiraan waktu perjalanan lebih dini dari biasanya. Hal ini untuk mengantisipasi rute KRL yang berubah sejak Sabtu kemarin.

Salah satunya penumpang KRL bernama Rizal (23) mengatakan harus berangkat kerja lebih awal karena adanya perubahan rute KRL.

Pasalnya, pemuda yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan kerap menaiki KRL Depok-Jakarta Kota itu mengatakan, perjalanan KRL jadi kerap terhambat karena sering berhenti.

“Iya (berangkat kerja lebih awal) karena biasanya dari Depok ke Manggarai di Stasiun Cawang atau Tebet atau Manggarai biasanya langsung. Tapi ini ada berhenti agak lama. Jadi jalan sebentar berhenti, jalan sebentar berhenti, jadi agak lama sih,” ujarnya kepada wartawan di Stasiun Manggarai, Senin (30/5/2022).

Baca juga: Hari Kedua Perubahan Pola Operasi KRL, Masih Ada Keterlambatan

Menurutnya, KRL yang sering berhenti di luar stasiun ini dikarenakan pola operasi baru masih dalam tahap awal sehingga diharapkan hal tersebut tidak lagi terjadi.

“Kalau perjalanan kereta masih suka berhenti-berhenti kaya sekarang ya butuh spare waktu yang lebih banyak sih. Kalau sudah lancar mungkin tetep sama berangkatnya,” ucapnya.

Dia mengatakan, sudah mendapatkan informasi perubahan rute KRL ini dari media dan teman-teman, tapi masih belum mengetahui terkait jadwal keberangkatan KRL

Namun, dia merasa pola operasi KRL terbaru ini menjadi lebih simpel karena semua KRL menuju tujuan yang sama. Jadi dia tidak perlu ragu menaiki KRL karena takut salah naik KRL rute lain.

“Kalau sekarang kereta pasti sudah tahu dari Depok menuju ke Jakarta Kota jadi naik kereta mana aja, tinggal liat kereta penuh atau enggak,” kata dia.

Baca juga: Supaya Tetap Beroperasi di Rusia, McDonalds Bakal Ganti Nama

Hal yang senada diungkapkan seorang karyawan swasta, Triyan (25), yang setiap berangkat kerja menggunakan KRL Bogor dari Stasiun Pondok Cina menuju Stasiun Sudirman.

Terlebih jarak dari rumahnya ke stasiun Pondok Cina sangat jauh sekitar 35-40 menit perjalanan. Ditambah dengan adanya rute baru ini maka diperlukan waktu lebih lama untuk memperkirakan perjalanan ke kantor

“Dengan adanya penyesuaian ini pastinya akan lebih jauh waktunya,” ucapnya.

Baca juga: Cek Jadwal Terbaru KRL Bekasi dan Bogor

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


https://money.kompas.com/read/2022/05/30/110000726/rute-krl-berubah-penumpang-pilih-berangkat-lebih-awal

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi