Riset: Kurang Tidur saat Hamil Bisa Bikin Cepat Tua

16 September 2021, 22:04

Riset: Kurang Tidur saat Hamil Bisa Bikin Cepat Tua

Ibu hamil kerap memiliki masalah tidur. Sehingga, tak jarang, kualitas tidurnya pun berkurang. Ya Moms, hal ini umumnya disebabkan karena ibu hamil mengalami insomnia dan sering ingin buang air di malam hari.

Padahal, tidur cukup sangat penting untuk kesehatan ibu hamil. Sebab, kurang tidur akan membuat ibu lebih cepat lelah dan lemas. Selain itu, kurang tidur saat hamil juga bisa membuat ibu terlihat lebih tua. Wah, kok bisa?

Penjelasan Ibu Hamil yang Kurang Tidur Bisa Bikin Cepat Tua

Medical Xpress melansir, penelitian yang dilakukan oleh University of California, Los Angeles menemukan bahwa ibu yang kurang saat hamil dan selama tahun pertama kehidupan bayi, usia biologis mereka cenderung lebih tinggi daripada usia kronologisnya.

Penelitian ini menunjukkan bahwa ibu hamil yang tidur kurang dari tujuh jam sehari, tubuhnya akan lebih cepat menua. Mereka akan memiliki usia biologis tiga sampai tujuh tahun lebih tua, daripada ibu yang memiliki pola tidur baik saat hamil dan usai melahirkan.

Ibu hamil tidur. Foto: Shutterstock

Menurut Johns Hopkins Medicine, kebanyakan ibu berpikir bahwa diet dan olahraga adalah kunci untuk memiliki tubuh yang sehat saat hamil dan setelah melahirkan. Tapi, tidak banyak yang menyadari bahwa tidur juga berperan penting dalam kesehatan fisik dan emosional yang baik untuk ibu.

Pada masa kehamilan, memang ada kondisi di mana ibu mengalami kesulitan tidur karena insomnia. Ibu hamil yang kurang tidur selain membuat fisik terlihat lebih tua, juga akan meningkatkan risiko komplikasi seperti preeklamsia, diabetes gestasional hingga kemungkinan harus melahirkan melalui operasi caesar. Oleh karena itu, sebisa mungkin carilah cara untuk mendapatkan tidur berkualitas, Moms.

Para ahli menyarankan agar ibu hamil tidur menyamping menghadap ke kiri dan tidak telentang. Sebab, posisi ini dapat memberi tekanan pada hati dan melancarkan sirkulasi darah ke jantung Anda maupun janin.

Posisi tidur ibu hamil Foto: Shutterstock

Mengutip The Health Site, ibu hamil juga dianjurkan untuk mandi air hangat sebelum tidur. Hal itu bermanfaat untuk menenangkan saraf, mengurangi stres, dan membantu meremajakan diri sehingga bisa tidur lebih nyenyak. Tak hanya itu, Moms, mandi air hangat juga dapat membuat sirkulasi darah menjadi lebih baik sehingga tubuh Anda menjadi rileks.

Minum segelas susu hangat di malam hari rupanya juga dapat memberikan efek rileks pada tubuh dan menjernihkan pikiran, Moms. Susu hangat dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang akan membantu Anda mudah tidur.

Penulis: Hutri Dirga Harmonis

Tokoh

Partai

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi