Rilis GPU Diskret, Intel Siap Bersaing dengan AMD dan NVIDIA

30 May 2022, 13:10

Liputan6.com, Jakarta – Intel telah mengumumkan kehadiran GPU diskret atau discrete graphics besutannya lewat rangkaian Intel Arc seri A. Kehadiran Intel Arc sendiri sudah diumumkan sejak awal tahun ini.

Ketika itu, Intel Arc disebut akan hadir di lebih dari 50 desain perangkat mobile dan desktop. Beberapa di antaranya adalah Acer, Asus, Clevo, Dell, Gigabyte, Haier, HP, Lenovo, Samsung, MSI, dan NEC.

Keputusan Intel untuk menghadirkan Intel Arc kerap disebut sebagai upaya perusahaan tersebut untuk bersaing melawan dominasi AMD dan NVIDIA yang memang dikenal sebagai pembesut GPU diskret kenamaan.

Mengenai hal ini, Director of Consumer Sales Asia Pacific Intel, Cekiel Danielson menuturkan pihaknya memang masih kalah dibandingkan dua kompetitornya tersebut dalam hal GPU diskret. Kendati demikian, Intel pada dasarnya sudah memiliki basis yang kuat dalam hal GPU yang terintegrasi.

Oleh sebab itu, dengan kekuatan basis yang dimilikinya, Intel kini mulai merambah GPU diskret. Cekiel pun menuturkan, pihaknya cukup percaya diri bersaing dengan kompetitor di bidang GPU diskret.

“Ini merupakan tahun pertama kali terjun di GPU diskret, dan kami memiliki roadmap yang kuat selama tiga generasi ke depan. Kami berharap bisa berkompetisi dengan AMD dan NVIDIA seiring berjalannya waktu,” tuturnya saat ditemui usai peluncuran 12th Gen Intel Core di Indonesia.

Mengingat ini masih tahun pertama Intel, ia menuturkan, kebanyakan produk GPU diskret memang masih menyasar segmen menengah ke bawah. Intel belum akan berkompetisi di segmen gaming di kelas atas, meski rencananya ada produk yang ditujukan untuk kebutuhan pasar gaming.

“Namun, kami akan semakin kuat untuk bisa bersaing dengan pemain yang lebih kuat seiring dengan generasi terbaru dari Intel Arc,” tuturnya melanjutkan. Terlebih menurutnya, industri sudah menginginkan adanya kompetisi yang lebih ramai di kategori GPU diskret.

Untuk itu, ketika Intel mengatakan akan merilis GPU diskret, banyak rekanan yang menyambut baik rencana tersebut. Ia juga menuturkan, rencana ini merupakan bagian dari rencana strategis perusahaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


https://www.liputan6.com/tekno/read/4973779/rilis-gpu-diskret-intel-siap-bersaing-dengan-amd-dan-nvidia

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi