Ribuan Pekerja Migran Manufaktur & Perikanan Telah Diberangkatkan ke Korsel

16 August 2022, 9:13

KBRN, Jakarta: Sebanyak 5.400 Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) telah diberangkatkan ke Korea Selatan untuk sektor pekerjaan manufaktur dan perikanan melalui program kerja sama antarpemerintah Indonesia dengan Korea Selatan sejak Desember 2021.

Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani mengikutsertakan anggota Komisi XI DPR Christina Aryani dan Masinton Pasaribu untuk melepas 334 CPMI program yang sama di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (15/8/2022).

Menurut Benny, pelepasan dengan dihadiri anggota DPR beserta pejabat BP2MI memberi pesan penting kepada semua pihak bahwa CPMI memiliki status yang terhormat di Republik Indonesia. Sebab, pekerja migran merupakan penyumbang devisa terbesar kedua kepada negara ini pertahun, dengan nominal mencapai Rp159,6 triliun.

“Acara-acara glorifikasi seperti ini terus kami lakukan dan menjadi penting, untuk menunjukkan bahwa penempatan yang dilakukan secara resmi adalah penempatan di mana negara hadir,” ujar Benny kepada wartawan. 

“Ini adalah bentuk perlawanan kami terhadap para sindikat mafia yang sampai hari ini masih terus berpesta pora, mengambil keuntungan dengan-memperjualbelikan anak-anak bangsa yang bekerja di luar negeri,” sambung Benny.

Berbagai fasilitas bahkan pembebasan beberapa komponen biaya juga disiapkan oleh negara untuk memberi kemudahan kepada CPMI yang diberangkatkan secara resmi.

Dengan semua fasilitas itu, Benny berharap ke depan pemberangkatan CPMI ke luar negeri secara resmi dapat menjadi pilihan utama anak-anak bangsa, bahkan menjadi pilihan satu-satunya yang mesti ditempuh apabila ingin mendapatkan penghidupan yang layak dengan bekerja di luar negeri.

“Tugas negara adalah memberikan fasilitas yang membuat mereka mudah bekerja, kemudian juga merasa ringan karena berbagai fasilitas disiapkan dan juga biaya yang dibantu oleh pemerintah,” ucap Benny.

Pekan depan, pihaknya kembali akan melepas sebanyak 530 orang CPMI lagi. Diketahui sejak 1 Januari sampai 15 Agustus 2022, sudah ada lebih kurang 88.000 CPMI yang sudah diberangkatkan ke 69 negara penempatan.

BP2MI menargetkan keberangkatan CPMI minimal 120 ribu orang pada tahun 2022 bisa tercapai.


https://rri.co.id/ekonomi/1583993/ribuan-pekerja-migran-manufaktur-perikanan-telah-diberangkatkan-ke-korsel?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Media

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi