Refly Harun Buka-bukaan Jusuf Kalla Bakal Turun Gunung Demi Anies Baswedan Menangi Pilpres 2024

3 November 2021, 18:24

Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun memperkirakan Jusuf Kalla (JK) tidak akan berdiam diri dalam menghadapi Pemilihan Presiden pada 2024 mendatang.

Refly mengatakan, Jusuf Kalla bakal turun gunung untuk memuluskan jalan Anies Baswedan menuju Pilpres 2024 mendatang.

Salah satu pekerjaan yangbakal ditangani langsung Jusuf Kalla, kata Refly adalah melobi partai politik yang menjadi kendaraan AniesBaswedan menuju hajatan pesta demokrasi lima tahunan itu.

Baca Juga: Pengamat Bongkar Pengganti Anies Baswedan Setelah Lengser, Yaitu…

“Jadi JK bukan sosok pasif yang akan duduk melihat siapa cappres. Tapi dia akan mencarikan parpol dan mencarikan wapres. Disitu JK akan berperan maksimal, terutama partai pendukung,” kataReflydi kanal Youtube @Refly Harun dikutip Selasa (2/11/2021).

Refly mengaku tugas Jusuf Kalla mencari partai politik untuk tunggangan Anies Baswedan menuju Pilpres 2024 bukan pekerjaan muda, langkah Jusuf Kalla bakal dihambat berbagai persoalan termasuk masalah presidential threshold yang mengharuskan koalisi dari partai politik.

Bila Anies resmi bergabung dengan salah satu partai, tentu barisan koalisi menawarkan cawapres dari kader internal parpol.

“Kalau misalnya PKS mendukung, Demokrat mendukung maka tinggal satu partai lagi. Kalau Demokrat mendukung misalnya, maka mereka akan maju dengan proposal Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres,” ucap Refly.

Lihat Sumber Artikel di Populis Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Populis. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Populis.


https://m.wartaekonomi.co.id/read371936/refly-harun-buka-bukaan-jusuf-kalla-bakal-turun-gunung-demi-anies-baswedan-menangi-pilpres-2024?utm_source=direct

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Statement

Fasum

Transportasi