Rebut Pengaruh Ketokohan, Zulhas Dukung Sandiaga di Pilpres 2024

17 August 2022, 7:46

https: img.okezone.com content 2022 08 17 337 2649273 rebut-pengaruh-ketokohan-zulhas-dukung-sandiaga-di-pilpres-2024-wWGFRDFebr.jpg

JAKARTA – Pernyataan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menjadi sorotan publik karena keinginannya untuk mendukung Sandiaga Uno pada Pilpres 2024.

Hal ini menjadi topik pembicaraan serius. Pasalnya, keinginan tersebut disampaikan pada acara Indonesia Retail Summit 2022 di Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

 (Baca juga: Bertemu di Sarinah, Zulhas Berharap Bisa Dukung Sandiaga Uno di Pilpres 2024)

“Pilpres tahun lalu saya mendukung beliau (Sandiaga Uno), semoga di tahun 2024 bisa mendukungnya lagi,” ungkap Zulhas.

Menurut pengamat politik dan pendiri Indonesia Political Power Ikhwan Arif mengatakan, sebagai elit partai politik pernyataan Zulkifli Hasan mempengaruhi konsentrasi koalisi partai politik.

“Terlebih keduanya mempunyai pengaruh besar dalam struktural partai. Kedua tokoh mempunyai pengaruh strategis dalam proses dinamika dan arah koalisi partai politik di 2024,”ujarnya.

“Ini menandakan bahwa koalisi partai politik belum mencapai titik kesepakatan dalam menentukan bakal calon presiden dan wakil presiden dari masing-masing koalisi,” sambung dia.

Menurut pengamatan Ikhwan, “daya tarik tokoh atau figur adalah faktor utama dalam percaturan Pilpres 2024.

“Dibandingkan dengan faktor partai politik, ketokohan mempunyai andil besar dalam mesin partai politik yang menggerakkan mesin partai politik adalah tokoh-tokoh elit politik yang mempunyai misi tertentu untuk memperoleh pengaruh atau kekuatan politik “kata Ikhwan.

Besarnya pengaruh ketokohan merubah sudut pandang masyarakat terhadap partai politik. “Jadi tidak heran keinginan Zulhas mengusung Sandiaga Uno untuk maju di Pilpres 2024 adalah keinginan pribadi bukan seutuhnya keinginan partai koalisi (KIB),” ujar Ikhwan.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Menanggapi hal tersebut, kemudian Sandiaga Uno mengatakan Zulhas hanya tengah bernostalgia saat menyampaikan dukungan itu.

“Beliau menyampaikan nostalgia, saya ucapkan terimakasih dan kita sama-sama fokus untuk menyelesaikan agenda pembangunan ke depan sesuai dengan arahan Presiden,” kata Sandi.


https://nasional.okezone.com/read/2022/08/17/337/2649273/rebut-pengaruh-ketokohan-zulhas-dukung-sandiaga-di-pilpres-2024?page=1

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi