Ratusan Personel Gabungan Dikerahkan Kawal Hari Desa Nasional di GBK

19 March 2023, 5:25

Jakarta, CNN Indonesia — Setidaknya sebanyak 899 personel gabungan dikerahkan dalam rangka pengamanan peringatan¬†Hari Desa Nasional di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Minggu (19/3).
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut 899 personel itu merupakan gabungan dari pihak kepolisian, TNI, dan Pemerintah Daerah.
“Total 899 personel, ada TNI dan Pemda juga,” kata Trunoyudo kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (18/3).

Trunoyudo merinci dari seluruh personel yang dikerahkan itu terdiri dari 80 personel TNI, Polda Metro 659 personel, 80 personel Polres Jakarta Pusat, dan 80 personel dari Pemda DKI Jakarta.

Sedangkan untuk rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi sendiri masih akan melihat situasi di lapangan esok hari.
Selanjutnya, Trunoyudo pun memperkirakan terdapat sekitar 600 bus yang mengantarkan peserta ke GBK. Di mana, seluruhnya akan terparkir di wilayah GBK.
“Jumlah bus estimasi 600 unit, Seluruh bus akan di parkirkan di lingkungan GBK (ring road, parkir ex Telkom, Asia Afrika, dan Pintu Satu),” kata dia.
Sebelumnya, puluhan ribu kepala desa dan perangkatnya akan berkumpul di GBK esok hari untuk memperingati Hari Desa Nasional.
Mereka yang akan menggelar kegiatan itu tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI).
“Siap. [Acara di GBK Minggu] benar,” kata Ketua Apdesi Surta Wijaya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (17/3).
Surta menegaskan agenda di GBK bukan berbentuk demonstrasi. Dia menyebut kepala desa sekadar berkumpul untuk memperingati Hari Desa.
Pada kesempatan itu, para kepala desa mengusulkan dana desa bisa dinaikkan pemerintah di tahun 2024 mendatang.
Imbasnya, kegiatan para Kades itu membuat car free day (CFD) di Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin Jakarta ditiadakan pada 19 Maret.

(mnf/kid)

[Gambas:Video CNN]