Ramai-ramai Tolak Lukas Enembe Sebagai Kepala Suku Besar Papua, Ada Apa?

16 October 2022, 13:14

Jakarta, Gatra.com – Ondoafi Kampung Abar, Sentani Jayapura, Cornelis Doyapo mengatakan pihaknya tidak setuju dengan wacana bahwa Gubernur Papua Lukas Enembe akan diangkat sebagai jadi Kepala Suku Besar seluruh Papua. Semua daerah di Papua mempunyai suku dan kepala suku besarnya sendiri.

“Lukas Enembe hanya dikenal sebagai gubernur bukan kepala suku besar Papua,” terang Cornelis saat dihubungi wartawan, Sabtu (8/10/2022).

“Masyarakat Papua menginginkan kedamaian dan tidak terganggu dengan masalah apapun terutama politik,” tutur salah satu Ondoafi di Sentani itu.

Oleh sebab itu, pihaknya tidak ingin karena masalah hukum yang menjerat Lukas Enembe dijadikan ke politik dengan berusaha menjadikan Lukas Enembe sebagai Kepala Suku Besar Papua. Cornelis masyarakat untuk tidak terpengaruh dan tidak terprovokasi terkait perkembangan kasus Lukas Enembe.

Ia juga mendukung langkah yang dilakukan oleh KPK dengan menetapkan politisi partai Demokrat itu sebagai tersangka. Menurutnya, sudah waktunya untuk mengusut gubernur dua periode itu.

“Lukas Enembe sebagai pemimpin seharusnya ada di depan dan berani berkorban untuk masyarakat, bukannya bersembunyi di belakang rakyatnya,” ucap Cornelis.

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi