Rahmat Effendi Didakwa Terima Setoran Rp7,1 M dari Bawahannya untuk Bangun Vila di Bogor

30 May 2022, 22:36

PIKIRAN RAKYAT – Sidang lanjutan kasus pencurian uang rakyat (korupsi) dengan terdakwa Wali Kota Nonaktif Bekasi Rahmat Effendi memasuki babak baru.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Amir Nurdianto mengatakan politikus partai Golkar tersebut didakwa menerima setoran uang senilai Rp7,1 miliar yang berasal dari bawahannya, mulai dari pejabat, ASN, bahkan lurah di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Ia menyebut uang hasil setoran tersebut diduga digunakan Rahmat Effendi untuk kepentingan pribadi, salah satunya membangun vila di kawasan Cisarua, Bogor.

JPU menyebut uang tersebut diraup Rahmat Effendi dari para ASN seolah-olah seperti utang. Padahal diketahui uang tersebut memang bukan merupakan utang.

Baca Juga: Siapa Thomas Slebew yang Ramai Dijadikan Meme?

“Meminta uang kepada para pejabat struktural di lingkungan Pemkot Bekasi untuk pembangunan Villa Glamping Jasmine Cisarua, Bogor, milik terdakwa,” kata JPU di Pengadilan Negeri Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin.

Dari total setoran Rp7,1 miliar, JPU merinci uang tersebut berasal dari pemberian sejumlah pejabat struktural sebesar Rp3,4 miliar, PNS di Pemkot Bekasi sebesar Rp1,2 miliar, lurah di lingkungan Pemkot Bekasi Rp178 juta, dan dari sejumlah ASN lain sebesar Rp1,4 miliar.

Selain itu, KPK juga menduga setoran uang miliaran kepada Rahmat Effendi itu juga berkaitan dengan jual-beli jabatan di lingkungan Pemkot Bekasi.

Untuk melancarkan aksi liciknya, Rahmat Effendi diduga memerintahkan sejumlah orang dan pejabat untuk menarik uang tersebut dari pejabat dan ASN Pemkot Bekasi.

Editor: Puji Fauziah

Sumber: Antara


Tags

Terkini


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014604349/rahmat-effendi-didakwa-terima-setoran-rp71-m-dari-bawahannya-untuk-bangun-vila-di-bogor

Partai

Institusi

K / L

,

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi