Puluhan Anggota NII Deklarasi Kembali Setia ke NKRI

30 May 2022, 23:15

Puluhan Anggota NII Deklarasi Kembali Setia ke NKRI

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Puluhan eks anggota Negara Islam Indonesia (NII) di Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat mendeklarasikan diri untuk kembali ke pangkuang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ada sekitar 49 anggota NII yang hadir di Aula Kecamatan Cileunyi pada Senin (30/5/2022), secara resmi menyatakan keluar dari bai’at dan bertekad untuk kembali setia ke NKRI. Deklarasi dihadiri Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bandung Ajat Sudrajat, Kapolsek Cileunyi Kompol Wahyu, Koramil Cileunyi dan Ketua MUI Cileunyi.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Bandung Ajat Sudrajat mengungkapkan, selain dari ke-49 anggota NII yang hadir mengikuti deklarasi ini, diperkirakan masi ada ribuan anggota NII yang masih aktif, tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Bandung, khususnya di wilayah timur.

deklarasi-kesetiaan-ke-NKRI-2.jpg

Ajat menambahkan, pihaknya juga mensinyalir masih ada sekitar 3.000-an anggota yang tercatat sebagai anggota NII. Selain di Kecamatan CIleunyi sendiri, mereka juga tersebar di di Kecamatan Cilengkrang, Paseh, Cikancung Nagreg, Solokanjeruk, dan Kecamatan Majalaya. Ajat menyebut pihaknya terus memonitor gerakan para anggota NII ini dan sudah memegang data dari anggota yang masih aktif.

“Kami bersama TNI-Polri bertekad Kabupaten Bandung ini bisa zero NII. Kami sudah pegang data-datanya dan sedang kami lakukan pendekatan persuasif agar mereka kembali ke NKRI. Sebenarnya dari Pemkab Bandung lebih ke arah monitoring, karena terkait NII ini kewenangannya lebih ke TNI-Polri,” ungkap Ajat kepada wartawan.

Ajat mengatakan jumlah anggota NII terus bertambah dari tahun ke tahun. Namun begitu banyak juga yang akhirnya mereka menyadari kekhilafannya dan menyatakan diri kembali ke NKRI.

“Seperti di Kecamatan CIleunyi dan Cilengkrang ini kan sudah berkurang dan kita akan terus berupaya mengurangi jumlahnya di wilayah lain di Kabupaten Bandung,” kata dia.

Pihaknya menyarankan kepada para anggota NII yang ingin kembali ke NKRI agar tidak perlu takut mendapat ancaman atau teror dari para petinggi NII. “Kami bersama TNI-Polri menjamin keamanannya,” tandas Ajat.

Kapolsek Cileunyi Kompol Wahyu menambahkan, bersama TNI, Polri akan menjamin keamanan para anggota NII yang ingin kembali setia ke NKRI.

“Kami pastikan akan sangat menjamin keamanan manakala ada hal-hal yang tidak diinginkan bila ada anggota NII yang ingin mengundurkan diri dan kembali ke NKRI,” tandas Kompol Wahyu.

Terkait masih adanya ribuan anggota NII yang masih aktif Kapolsek menyatakan pihaknyna bersama TNI dan Pemkab Bandung terus berkordinasi untuk menyadarkan kembali mereka dan secara persuasif mengajak mereka untuk kembali ke NKRI.

“Kami harapkan para anggota NII ini kembali ke NKRI. Jangan ada negara di dalam negara, NKRI harga mati!” tegas Kompol Wahyu.

Mantan Camat Cileunyi versi NII, Dede Suryana mengungkapkan, ia bersama rekan-rekannya yang lain eks NII, menyadari langkah salah yang sudah dilakukan. 

“Kami merasa tidak cocok dengan gaya kepemimpinan di NII. Lama kelamaan kami merasa dibohongi,” ungkap Dede.

Mereka mengaku bergabung ke NII karena memang ada dari latar belakang keluarga, juga pengaruh teman sepergaulan. Mereka diiming-imingi harapan-harapan tentang masuk surga dan hidup sejahtera. 

Sasarannya, mayoritas kaum muda yang emosinya labil dan sedang mencari identitas diri. Selain itu juga kalangan yang masih lemah secara ekonomi. Namun banyak pula yang dari kalangan pejabat NII berasal dari kalangan pengusaha sampai akademisi bahkan ada pula yang statusnya menyandang guru besar di salah satu perguruan tinggi.

“Kenyataannya, kami hanya dijadikan sapi perahan untuk kejar setoran dan rekrutmen anggota baru,” beber Dede.

Untuk itu ia berharap ke rekan-rekannya yang masih aktif di NII bisa diberi taufik hidayah untuk kembali ke jalan yang benar.

“Kepada masyarakat, saya imbau untuk jangan mudah terpengaruh diiming-imingi dan terprovokasi oleh pengaruh NII. Kepada pemerintah sendiri kami memohon untuk lebih memperhatikan kami yang sudah kembali ke NKRI. Karena memang masih banyak juga teman-teman kami yang kembali ke NKRI yang statusnya masih menganggur, dan ekonominya terpuruk karena sudah habis untuk NII” ucap Dede. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/411629/puluhan-anggota-nii-deklarasi-kembali-setia-ke-nkri

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi