Pulang Kampung, Jokowi Kunjungi Pura Mangkunegaran Bersama Lima Menteri

16 October 2022, 13:36

MerahPutih.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mudik ke Kota Solo, Jawa Tengah dengan berkunjung ke Puro Mangkunegaran bertemu Gusti Mangkunegoro X atau Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.
Jokowi didampingi lima menteri dalam kunjungan tersebut, yakni Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.
Selain itu, juga didampingi Komisaris Telkomsel Wisnu Tama. Wali Kota Solo Gibran Rakabiming Raka tampak ikut hadir memdampingi Jokowi.

Baca Juga:
Tarian Beksan Gambyong Pareanom Mangkunegaran Pukau Warga Thailand

Informasi yang dihimpun, kedatangan Jokowi bersama menteri untuk meninjau salah lokasi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono serta rencana revitalisasi Poro Mangkunegaran.
Pantauan Merahputih.com, pukul 10.25 WIB rombongan tiba di Puro Mangkunegaran setelah menempuh perjalanan dari Gedung Agung Yogyakarta. Jokowi diketahui menginap di Gedung Agung Yogyakarta sejak Sabtu (15/10) sore, bersama keluarga.
Di Puro Mangkunegaran Jokowi tampak berjalan kaki bersama para menteri dan Gusti Mangku Negoro X selama 30 menit. Setelah itu, Jokowi menuju ke kediamannya di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

Baca Juga:
Gibran dan Ganjar Ikuti Prosesi Kirab Malam 1 Suro Mangkunegaran

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, kunjungan Presiden Jokowi dan menteri untuk membahas revitalisasi Pura Mangkunegaran. Pemkot Solo dan pemerintah pusat berkomitmen merawat Pura Mangkunegaran.
“Kami lihat ini sudah sangat asri, sangat bersih, sering dijadikan event, bahkan event internasional. Jadi ini nanti akan kami jadikan ikon destinasi wisata unggulan Kota Solo,” katanya.
Gibran mengatakan, ada proyek revitalisasi yang sedang berlangsung di area lapangan tenis Pura Mangkunegaran. Selain itu, ada bagian depan dan dalem.
Ditanya wartawan apakah kunjungan Presiden berkaitan dengan persiapan lokasi pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono, Gibran mengatakan Kaesang tidak ikut hadir dalam kunjungan itu.
“Sok mben ya pernikahan dibahas sok mben. Iki bahas gawean sik ya (ini bahas pekerjaan dulu. Tidak membahas pernikahan),” katanya.
Gusti Mangkunegoro X mengatakan Puro Mangkunegaran akan selalu hidup memberikan kontrbusi pada masyarakat luas. Revitalisasi akan menjadikan Puro Mangkunegaran lebih baik.
“Puro Mangkunegaran sebagai salah satu warisan budaya harus kita pertahankan,” kata Gusti Bhre. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:
Al Quran Beraksara Jawa, Bukti Syiar Mataram Islam di Mangkunegaran Surakarta