Puan Wanti-wanti Budaya Transnasional Jangan Sampai Jadi Tuan Disini

16 August 2022, 11:52

Selasa, 16 Agustus 2022 – 10:41 WIB

VIVA Nasional – Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan bangsa Indonesia tengah menghadapi banyak tantangan dan kendala yang tidak ringan. Antara lain menghadapi ketidakpastian situasi Pandemi Covid-19, konflik geopolitik, pemulihan ekonomi global ditengah kerentanan pangan, energi, pengangguran, tekanan moneter global, degradasi lingkungan hidup, serta ancaman bencana alam dan sebagainya.

Disamping itu, bangsa ini juga berada dalam era globalisasi, era kemajuan teknologi dan industri yang semakin cepat dan dinamis, yang telah menempatkan masyarakat Indonesia terbuka dan terhubung secara sosial, budaya, ekonomi, dan politik. 

Ketua DPR, Puan Maharani, kenakan batik warna terakota dalam sidang tahunan 2022

Ketua DPR, Puan Maharani, kenakan batik warna terakota dalam sidang tahunan 2022

“Sehingga berbagai ideologi transnasional, cara berpikir, cara kerja, dan cara hidup, dengan mudah masuk mempengaruhi kedalam kehidupan rakyat Indonesia,” kata Puan Maharani dalam pidatonya pada Rapat Tahunan MPR RI 2022, Selasa, 16 Agustus 2022.

Menurut Puan, hal tersebut belum tentu sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia. Bahkan dapat menggerus nilai-nilai luhur bangsa dan nilai-nilai kepribadian bangsa Indonesia, seperti nilai-nilai agama, budaya, sopan santun, etika, dan toleransi serta sikap saling menghormati di antara sesama bangsa Indonesia.

“Apabila kebudayaan yang berkembang di wilayah Indonesia dibiarkan secara alamiah, maka tidak mustahil ideologidan budaya transnasional akan menjadi tuan di negeri ini. Tidak akan ada lagi jati diri ke-Indonesiaan, jati diri kita yang bisa dibanggakan,” ujar Puan

Ketua PDIP ini menegaskan sikap ini bukan berarti anti budaya asing. Menurutnya, kita tidak dapat mengisolasi diri dari pengaruh budaya asing. Akan tetapi dengan kepribadian jiwa bangsa yang kuat, maka budaya asing dapat disaring dan dilarutkan dalam kebudayaan nasional.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1510018-puan-wanti-wanti-budaya-transnasional-jangan-sampai-jadi-tuan-disini

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi