Puan: Ideologi Pancasila Bekerja Konkret Ciptakan Gotong Royong

16 August 2022, 10:42

KBRN, Jakarta: Ketua DPR RI Puan Maharani menilai, gotong royong menjadi kunci Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19. Hal itu dikatakannya dalam Pidato Pengantar Sidang Bersama DPR-DPD RI di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

“Kita melihat ideologi Pancasila telah bekerja dengan konkret,” katanya. “Memandu bangsa Indonesia menciptakan gerakan gotong royong yang masif.” 

Maka dari itu, lanjut Puan, semua pihak harus bersyukur karena tetap dapat bersatu dalam menghadapi pandemi Covid-19. Termasuk DPR bahu membahu bersama pemerintah mengatasi masa-masa sulit tersebut.

“Pemerintah diberikan ruang kewenangan cukup untuk mengambil tindakan cepat dan antisipatif demi keselamatan rakyat melalui Undang Undang Nomor 2 Tahun 2020,” ujarnya. Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang tentang Penanganan Pandemi Covid-19 diproses secara cepat dan cermat di DPR RI.” 

Gotong royong antara DPR dan pemerintah tersebut, tambahnya, mencegah terjadinya kekosongan payung hukum untuk menangani pandemi. “Alhamdulillah, berkat kerja bersama kita semua, gotong royong, Pandemi Covid-19 dapat ditangani dengan baik,” ucapnya.

Bahkan, lanjutnya, data Johns Hopkins University terkait penanganan Covid-19 tahun 2021, Indonesia termasuk negara terbaik dalam menangani pandemi. “Inilah hasil kerja bersama kita, gotong royong melawan Pandemi Covid-19,” katanya.

Puan menekankan, saat ini Indonesia mulai memasuki masa transisi dari pandemi menuju endemi. Namun, diingatkannya, gotong royong harus terus dikedepankan oleh semua pihak, untuk pemulihan ekonomi bangsa.

“Gotong royong dalam skala besar ini saya yakini menjadi salah satu,” ujar Puan. “Kunci utama kekuatan pemulihan sosial dan ekonomi pascapandemi bangsa Indonesia.”


https://rri.co.id/nasional/politik/1584288/puan-ideologi-pancasila-bekerja-konkret-ciptakan-gotong-royong?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Partai

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Statement

Fasum

Transportasi