Profil Victor Osimhen: Pemain Napoli yang Gagalkan Kemenangan Leicester

17 September 2021, 12:05

Profil Victor Osimhen: Pemain Napoli yang Gagalkan Kemenangan Leicester

Victor Osimhen menjadi pahlawan Napoli saat bertamu ke markas Leicester City di matchday perdana Grup C Liga Europa, Jumat (17/9) dini hari WIB.

Napoli sejatinya tertinggal lebih dulu lewat gol Ayoze Perez (9′) dan Harvey Barnes (64′). Akan tetapi, brace yang dicatatkan Osimhen memaksa laga berakhir imbang.

Lantas, siapa Victor Osimhen dan bagaimana kiprahnya?

Osimhen lahir di Lagos, Nigeria, pada 29 Desember 1999. Tumbuh besar sebagai penyuka sepak bola, Didier Drogba menjadi pemain favoritnya.

Selebrasi pemain Napoli Victor Osimhen usai mencetak gol ke gawang Leicester City pada pertandingan Grup C Liga Europa di King Power Stadium, Leicester, Inggris. Foto: Tony Obrien/REUTERS

Ia memulai kariernya di Ultimate Strikers Academy di Lagos. Ia menunjukkan performa apik di Piala Dunia U-17 dan kemudian ditarik oleh VfL Wolfsburg pada Januari 2016.

Setahun setelahnya, Osimhen menandatangani kontrak tiga setengah tahun dengan klub Jerman tersebut. Ia hanya tampil dalam 16 laga di musim pertamanya karena serangkaian cedera.

Selanjutnya, Osimhen menjalani trial dengan klub Belgia seperti Zulte Waregen dan Club Brugge. Akan tetapi, ia sakit malaria dan kondisinya semakin memburuk.

Pada 22 Agustus 2018, Osimhen kemudian bergabung dengan Charleroi sebagai pinjaman. Di sini, ia tampil baik, mencetak 20 gol dalam 36 laga.

Sensasi baru Ligue 1, Victor Osimhen. Foto: JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP

Charleroi lantas tertarik untuk mempermanenkan Osimhen menyusul performa apiknya. Namun, klub kemudian menjualnya kembali ke Lille pada Agustus 2019.

Osimhen terus bersinar di Liga Prancis. Ia langsung menjadi Pemain Terbaik edisi September usai mencetak dua gol dan assist dalam lima pertandingan bersama Lille.

Pada akhir musim, ia menjadi Pemain Terbaik Lille. Secara total, ia mencetak 18 gol dan enam assist dalam 38 pertandingan di seluruh kompetisi bersama Lille.

Pada 31 Juli, Napoli rela memecahkan rekor transfer klub untuk mendatangkan Osimhen dengan nilai 70 juta euro (setara dengan Rp 1,2 triliun). Itu menjadikannya pemain Afrika termahal.

Pemain Juventus Leonardo Bonucci berebut bola dengan pemain Napoli Victor Osimhen pada pertandingan Liga Italia di Stadion Diego Armando Maradona, Napoli, Italia. Foto: Ciro De Luca/REUTERS

Ia mencetak gol pertamanya untuk Napoli dalam kemenangan 4-1 atas Atalanta pada 17 Oktober 2020. Namun, ia kemudian mengalami cedera bahu saat membela Nigeria di Kualifikasi Piala Afrika sebulan setelahnya.

Osimhen kemudian menghabiskan masa pemulihannya di kampung halaman. Apesnya lagi, ia terpapar virus corona saat kembali ke Napoli.

Cedera bahu dan virus corona membuatnya jauh dari lapangan hingga akhirnya kembali bermain pada 29 Januari 2021 saat masuk sebagai pemain pengganti kala Napoli melawan Spezia di Coppa Italia.

Menurut catatan Transfermarkt , Osimhen telah bermain dalam 33 pertandingan selama berseragam Napoli. Ia telah mencetak 12 gol dan 3 assist , termasuk brace ke gawang Leicester.

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi