Profil Isran Noor, Gubernur Kaltim yang Sebut Pemindahan IKN Warisan Jokowi

30 May 2022, 12:48

Profil Isran Noor, Gubernur Kaltim yang Sebut Pemindahan IKN Warisan Jokowi

Suara.com – Nama Isran Noor menarik perhatian warganet usai menyampaikan bahwa pemindahan IKN (Ibu Kota Negara) baru ke Kaltim merupakan warisan Jokowi selama menjadi presiden RI. Tak heran banyak yang mencari profil Isran Noor. Sebenarnya, siapa Isran Noor sebenarnya?

Diketahui, Isran Noor adalah Gubernur Kaltim (Kalimantan Timur) yang sudah menjabat sejak 1 Oktober 2018. Bagi yang ingin mengenal sosoknya, simak berikut ini profil Isran Noor.

Profil Isran Noor

Isran Noor lahir pada 20 September 1957. Dia merupakan ayah dari 3 anak yang bernama M. Rahman Isran, Siti Rahmawai Isran, dan Siti Annisa. Isran Noor menjadi sosok ayah yang tegas dan bijaksana. Isran Noor memiliki istri bernama Hj. Norbaiti, A.Md, SH. 

Baca Juga:
Pupuk Kalimantan Timur Beri Reward ke 13 Kios di Jatim, Gorontalo dan Sulsel

Pria asal Kutai Bugis ini memulai pendidikannya di SDN 1 Sangkulirang. Kemudian berlanjut di SMP YPS Sangkulirang. Usai lulus SMP,  dia kemudian bersekolah di SMA Negeri 1 Samarinda. Setelah lulus SMA, dia melanjutkan pendidikannya di Universitas Mulawarman. 

Saat kuliah, Isran Noor adalah mahasiswa yang aktif berorganisasi. Bahkan, dia juga menjabat sebagai Ketua BEM Fakultas Pertanian. Pada 1980, dia berhasil menuntaskan pendidikan S-1. Pada 2001, dia melanjutkan S2 di Universitas Dr Soetomo. Lalu di tahun 2012, dia sukses mendapatkan gelar doktor dari Unpad (Universitas Padjadjaran).

Karier Isran Noor

Isran Noor mulai terjun di dunia politik dengan menjabat Wakil Bupati Kutai Timur usai memenangkan Pilkada Kutai Timur 2005, kemudian dilantik sebagai Wakil Bupati pada Februari 2006.

Pria yang pernah menjabat ketua umum APKASI ini juga menduduki jabatan sebagai Bupati Kutai Timur 2009 – 2015 menggantikan posisi Awang Faroek Ishak yang telah terpilih menjadi Gubernur Kalimantan Timur 2008 – 2013.

Baca Juga:
Gubernur Kaltim: Semoga Anak Ridwan Kamil Ditemukan Dalam Kondisi Baik

Pada pemilihan Pilkada Kutai Timur, Isran Noor kembali mendapat kepercayaan untuk menduduki jabatan Bupati Kutai Timur 2011-2016 dengan perolehan suara 51,10 persen.


https://www.suara.com/news/2022/05/30/122526/profil-isran-noor-gubernur-kaltim-yang-sebut-pemindahan-ikn-warisan-jokowi

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi