Prihatin Anak Ridwan Kamil Hilang, Sandiaga Uno: Saya Akan Switch Off Medsos

30 May 2022, 18:03

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengahdiri acara Milad Partai Keadilan Sejahtera ke 20 di Istora Senayan, Jakarta, Ahad, 29 Mei 2022. TEMPO/Muhammad Hidayat

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengumumkan akan vakum sementara dari media sosialnya @sandiuno di pelbagai platform. Langkah itu sebagai bentuk keprihatinan dan penghormatan atas musibah yang menimpa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Saya memberikan simpati dan saya memutuskan karena ini banyak berseliweran kabar, saya akan switch off media sosial @sandiuno untuk beberapa waktu ke depan,” ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin, 30 Mei 2022.

Sandiaga mengatakan berbagai kegiatan akan ditayangkan di media sosial resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Belum jelas sampai kapan Sandiaga bakal vakum dari dunia maya. 

Adapun anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau yang akrab dengan sapaan Eril, hilang saat berenang di Sungai Aaree, di Bern, Swiss, Kamis, 26 Mei 2022. Eril berada di Swiss untuk mencari sekolah lantaran ia berencana melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2.

Sandiaga mengajak seluruh masyarakat berdoa agar Eril segera ditemukan dalam keadaan selamat. Dia mengaku rutin mengirim doa untuk putra sulung sahabatnya itu saat melakukan ibadah salat.

“Sebagai teman dekat merasakan betul-betul kesedihan yang luar biasa,” ucap Sandiaga.

Sandiaga berharap publik ikut menghormati proses pencarian Eril di tengah mencuatnya beragam kabar di media sosial. Ia menilai keluarga Ridwan Kamil perlu keleluasaan dan privasi dalam menjalani proses tersebut.

Di sisi lain, Sandiaga mengatakan Swiss adalah negara yang sudah sangat maju untuk sektor pariwisatanya. Dari kejadian tersebut, dia menyatakan Indonesia dapat memetik pelajaran dengan meningkatkan sertifikasi keamanan.

“Pada 3 Juni, saya akan mulai melakukan inspeksi rutin untuk memastikan fasilitas pariwisata meningkatkan kepatuhannya,” ucap Sandiaga.

Sebelumnya, sejumlah warganet memberikan rating atau peringkat rendah di Google untuk Sungai Aaree pasca-hilangnya anak Ridwan Kamil. Berbagai pihak mengkritik sikap warganet Indonesia itu. 

Baca juga: Ridwan Kamil Perpanjang Izin ke Luar Negeri untuk Pantau Pencarian Eril

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.


https://bisnis.tempo.co/read/1596549/prihatin-anak-ridwan-kamil-hilang-sandiaga-uno-saya-akan-switch-off-medsos

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Transportasi