Presiden: Pemberdayaan UMKM Harus Terus Didukung 

16 August 2022, 14:32

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo mengatakan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akan terus didukung supaya naik kelas. Dalam pidato kenegaraan di Gedung DPR, Kepala Negara meyakini hasil digitalisasi ekonomi akan membantu UMKM ke depannya. 

“Digitalisasi ekonomi telah melahirkan dua decacorn dan sembilan unicorn,” kata Presiden di Gedung DPR-RI, Selasa (16/8/2022). Sehingga, lanjutnya, hal tersebut akan terus didorong untuk membantu pemberdayaan UMKM.

Presiden juga mengatakan bahwa 19 juta UMKM di Indonesia telah masuk dalam ekonomi digital. Ditargetkan pada 2024 mendatang, sebanyak 30 juta UMKM sudah masuk pada era digitalisasi. 

Selain itu, berbagai bantuan pendanaan murah akan terus dilanjutkan. Bahkan, penayangan produk UMKM di E-katalog pemerintah diharapkan akan membantu menyerap produk UMKM.

“Kewajiban APBN, APBD, dan BUMN untuk membeli produk dalam negeri juga akan terus didisiplinkan,” kata Jokowi. Sebelumnya, Presiden sempat mengeluhkan belanja produk impor yang tinggi ketimbang barang lokal.

Selain berbicara soal pemberdayaan UMKM, Jokowi juga menyinggung soal akses anak usia didik terhadap layanan pendidikan berkualitas. “Ini harus terus diprioritaskan,” katanya. 

Presiden meminta para siswa dan mahasiswa harus dikenalkan pada dunia kerja sejak dini. “Minat anak di bidang sains, teknologi, seni, dan olahraga harus didukung dan diapresiasi untuk bekal mereka nanti,” ujarnya. 


https://rri.co.id/ekonomi/1584429/presiden-pemberdayaan-umkm-harus-terus-didukung?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Media

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi