Presiden Macron Sebut Ada Peluang Perdamaian di Ukraina

24 October 2022, 11:26

Supianto | Senin, 24/10/2022 08:16 WIB

Presiden Prancis Emmanuel Macron (Foto: Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com – Presiden Prancis, Emmanuel Macron mengatakan pada Minggu (23/10) bahwa ia yakin ada peluang untuk perdamaian di Ukraina, bahkan ketika Rusia memperingatkan konflik di sana bisa meningkat.
“Ada prospek perdamaian, itu akan muncul pada suatu saat,” kata Macron pada konferensi di Roma yang bertujuan mencari cara mempromosikan perdamaian dunia.
“Dan pada saat tertentu, mengingat bagaimana hal-hal berkembang, dan ketika rakyat Ukraina dan para pemimpinnya akan memutuskan persyaratan ini, kesepakatan damai dapat dibangun dengan pihak lain,” tambah Macron.
Prancis telah berulang kali menekankan pentingnya menjaga saluran diplomatik Barat ke Moskow tetap terbuka sejak pasukan Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari.
Rusia menembakkan rudal dan pesawat tak berawak ke Mykolaiv yang dikuasai Ukraina pada hari Minggu, dan Moskow mengatakan konflik itu cenderung menuju “eskalasi yang tidak terkendali”.
Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu membahas situasi Ukraina dalam percakapan telepon terpisah pada hari Minggu dengan Menteri Angkatan Bersenjata Prancis Sebastien Lecornu serta dengan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan menteri pertahanan Inggris dan Turki.
Tanpa memberikan bukti, Shoigu mengatakan Ukraina dapat meningkat dengan “bom kotor” – bahan peledak konvensional yang dicampur dengan bahan radioaktif. Ukraina tidak memiliki senjata nuklir, sementara Rusia mengatakan dapat melindungi wilayah Rusia dengan persenjataan nuklirnya.
Sumber: Reuters
TAGS : Prancis Emmanuel Macron Perdamaian Ukraina Rusia

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi