Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Buton pada HUT RI 17 Agustus 2022

17 August 2022, 12:33

TAGAR.id, Jakarta РPresiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) tampak mengenakan pakaian adat dari Buton, Sulawesi Tenggara, saat mengikuti upacara bendera peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus 2022 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat Rabu, 17 Agsutus 2022.

Tak cuma Jokowi, sejumlah tamu undangan yang mengikuti upacara tersebut juga mengenakan pakaian daerah. “Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara Ini baju Dolomani,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu, 17 Agustus 2022.

Diketahui, baju adat Buton Dolomani yang dikenakan Jokowi ini biasanya dikenakan oleh Sultan Buton saat acara atau upacara resmi kesultanan. 

Baju adat yang Jokowi kenakan itu berbentuk kemeja putih tanpa kerah pada bagian dalam dan pada bagian luar terdapat beskap bewarna merah terang dengan manik-manik bewarna silver.

Pada bagian bawah, Jokowi mengenakan celana panjang bewarna senada dengan beskap. Sebuah sarung bewarna putih hitam, sabuk, dan sebuah keris terselip pada bagian pinggang.

Dari penelusuran Tempo, motif yang terdapat pada pakaian Dolomani yang Jokowi kenakan adalah bunga rongo. Bunga yang menjulur ke atas tersebut melambangkan kepemimpinan dan menjulur ke bawah melambangkan rakyat.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menerangkan Istana Kepresidenan bakal menyediakan 2.000 undangan untuk masyarakat umum menyaksikan pengibaran bendera. Lalu pada sore harinya bakal ada 3.000 undangan untuk masyarakat umum untuk menyaksikan penurunan bendera.

Namun, Heru menyebut undangan itu sudah habis tersebar saat pembukaan upacara baru dilakukan pada awal bulan Agustus 2022. []


https://www.tagar.id/presiden-jokowi-kenakan-baju-adat-buton-pada-hut-ri-17-agustus-2022

Media

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi