Presiden Ingatkan Hati-hati Tangani Puluhan Juta Pemudik

1 April 2022, 11:11

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo mengatakan, sesuai hasil survei Kementerian Perhubungan diterimanya, ada 79 juta orang seluruh Indonesia akan mudik pada momentum Idul Fitri 2022.

Presiden Jokowi mengingatkan, melihat data jumlah sangat banyak tersebut, maka penanganannya harus hati-hati.

“Dari data terakhir yang kita terima, pemudik itu kurang lebih 79 juta. Ini bukan jumlah sedikit. Sehingga penanganan harus hati-hati,” kata Presiden di kawasan Candi Borobudur, Jawa Tengah, Rabu (30/3/2022).

Karenanya, Presiden menginstruksikan, sejak awal mobilisasi mudik diperlukan koordinasi terbaik dari Satgas Covid-19, Kementerian Perhubungan hingga Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam menanganinya.

“Terutama untuk aturan disiplin protokol kesehatan,  vaksin lengkap harus sudah dikerjakan, kemudian booster juga terus dikejar,” kata Kepala Negara.

Dengan protokol kesehatan ketat, Presiden mempersilakan pemudik memanfaatkan momen liburan dengan berwisata ke Candi Borobudur.

“Saat mudik, berwisata, jangan lupa protokol kesehatan, utamanya memakai masker. Kedua, sudah harus vaksin lengkap, ditambah vaksin penguat (booster),” jelasnya.

Menurutnya, disiplin protokol kesehatan ini bertujuan untuk saling melindungi.

“Ini (disiplin protokol kesehatan, red) untuk melindungi kita, untuk menjaga kita semuanya,” tandasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksikan puncak arus mudik Lebaran tahun ini akan terjadi pada 28 April 2022.

Sementara untuk puncak arus balik Lebaran 2022 diperkirakan pada 8 Mei 2022.

Melalui Surat Edaran Satgas Covid-19, Pemerintah akan memberlakukan vaksinasi Covid-19 dosis lanjutan atau booster sebagai syarat perjalanan mudik tahun ini.


https://rri.co.id/nasional/peristiwa/1406456/presiden-ingatkan-hati-hati-tangani-puluhan-juta-pemudik?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Tokoh

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi