Polri Pastikan Eks Penyidik KPK Brotoseno Sudah Jalani Sidang Kode Etik Profesi

30 May 2022, 20:49

Liputan6.com, Jakarta Polri memastikan mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) asal Polri, Raden Brotoseno, telah menjalani Sidang Kode Etik Profesi atas kasus suap menunda perkara korupsi cetak sawah pada 2012-2014. Dia sudah divonis 5 tahun penjara dan dikenakan denda Rp 300 juta dalam perkara tersebut.

“Jadi ya, AKBP Brotoseno telah menjalani hukuman pidana dan telah selesai. Terkait hal itu, kita sudah tanyakan kepada Div Propam Polri, nanti akan disampaikan hasilnya. Sampai sekarang belum. Sudah menjalani sidang kode etik, tapi nanti hasilnya kami sampaikan,” tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (30/5/2022).

Ahmad belum merinci sanksi yang diterima oleh Brotoseno usai menjalani sidang etik. Dia memastikan akan menyampaikannya ke publik usai data yang diterimanya lengkap.

“Sidang KKEP ya, Komisi Kode Etik Profesi,” kata Ahmad.

Sebelumnya, Polri angkat bicara mengenai status mantan penyidik KPK asal Polri Raden Brotoseno kembali bekerja di Institusi Bhayangkara itu. Hal ini mencuat seiring surat dari Indonesia Corruption Watch (ICW).

Asisten SDM Polri Irjen Wahyu Widada mengatakan akan mengecek status Brotoseno. Namun, dia pun mempertanyakan apakah yang bersangkutan memang sudah dipecat apa belum.

“Apa pernah dipecat? Nanti saya cek dulu di Propam. Kita cek,” kata dia saat dikonfirmasi, Senin (30/5/2022).

Menurut Wahyu, ini merupakan kewenangan Propram Polri. Meski demikian, dirinya mempertanyakan kembali siapa yang menyebut bahwa Brotoseno telah dipecat dari institusinya.

“Yang bilang dipecat siapa? Putusan kode sidang etik nanti tanya ke Kadiv Propam, yang berwenang menjelaskan di sana,” ungkap dia.

 

Jajaran Divisi Profesi dan Pengawasan Polri mengamankan perwira menengah (pamen) Bareskrim Polri, AKBP Brotoseno.


https://www.liputan6.com/news/read/4974553/polri-pastikan-eks-penyidik-kpk-brotoseno-sudah-jalani-sidang-kode-etik-profesi

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi