Polri jangan ragu tetapkan tersangka baru Kanjuruhan

25 October 2022, 15:33

Indonesian Police Watch (IPW) mendesak Polri tidak berhenti mengusut pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan pertandingan Arema FC vs Persebaya yang berujung kericuhan hingga ratusan orang meninggal dunia.

Ketua Presidium IPW, Sugeng Teguh Santoso menyebut, penyidik seharusnya juga meminta pertanggungjawaban hukum dari Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Terlebih, Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, telah menyatakan kemungkinan penetapan tersangka Ketua Umum PSSI, Muhammad Iriawan alias Iwan Bule.

“IPW mendesak Bareskrim Polri dan Polda Jatim untuk mendalami peran dari Ketua Umum PSSI ¬†Mochamad Iriawan (Iwan Bule) dan jajaran Exco PSSI dikaitkan dengan unsur pidana pasal 359 dan 360 KUHP,” kata Sugeng dalam keterangan resminya, Selasa (25/10).

Dalam proses penyidikan pun, Iwan Bule telah menjalani pemeriksaan di Polda Jawa Timur (Jatim) pada 20 Oktober 2022. Dia dicecar 45 pertanyaan selama lima jam. Sementara, Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto, dicecar 70 pertanyaan.   

Sugeng menilai, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sendiri tidak perlu ragu untuk memerintahkan anggotanya menetapkan tersangka baru dalam kasus Kanjuruhan ini. Dia pun menantang Sigit atas pernyataannya akan serius dan mengusut tuntas Tragedi Kanjuruhan, yang menjadi peristiwa paling kelam di sepak bola Indonesia.

“Bila terdapat fakta yang cukup bukti jangan ragu ditetapkan sebagai tersangka,” tuturnya.

Sebelumnya, Mahfud MD mengungkapkan bahwa Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berpotensi menjadi tersangka di kasus Tragedi Kanjuruhan. Penetapan tersangka dilakukan apaila fakta hukum ditemukan.

“Tanggung jawab hukum, itu hukum pidananya sudah mulai disidik, dan itu bisa saja kena Ketua PSSI nanti tanggung jawab hukumnya. Bisa saja nanti kena Ketua PSSI,” kata Mahfud, Kamis (20/10).

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi