Pesona Kampung Janda Bogor, Bikin Pria Nekat Menginap Cari Jodoh

16 September 2021, 13:46

Wanita bercadar melintas di Kampung Panyarang yang dijuluki kampung janda

VIVA – Parasnya cantik, ramah dan begitu cekatan melayani satu persatu anak-anak kampung yang ingin mendapatkan layanan kesehatan di posyandu. Kadang disisipi candaan agar layanan kesehatan yang diberikan tidak terkesan horor bagi anak-anak, khususnya balita. 
 
Namanya Pupuh Siti Puadiah. Wanita asal Kampung Panyarang, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor sangat menikmati pekerjaannya sebagai kader posyandu. Setiap hari, wanita 39 tahun ini membantu melayani masyarakat baik yang sakit maupun saat menyalurkan bantuan. 

Sebagai pelayan masyarakat, Pupuh  paham betul seluk-beluk dan karakter warga kampung. Termasuk, ketika kampungnya kesohor gara-gara sebutan kampung janda. Pupuh sendiri merupakan janda beranak lima. Anak paling besarnya baru lulus sekolah menengah atas dan saat ini sedang nyantri di pesantren di luar kampung.

Ia berstatus janda setelah ditalak oleh suaminya yang memilih berpisah lima tahun silam. 

Menyandang status janda tentu bukan hal mudah bagi Pupuh. Membesarkan anak seorang diri, mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan anak-anak setiap hari. Semua lakon dia jalani, sebagai ibu sekaligus ayah untuk anak-anaknya.

“Kalau saya cerai sudah 5 tahun hidup sendiri. Di sini ada banyak janda, ada yang pisah masih muda tetangga saya, ada ada yang ditinggal meninggal,” kata Pupuh kepada VIVA, Selasa, 14 September 2021.

Belakangan ini, kampungnya kesohor gara-gara sebutan kampung janda. Pupuh mengakui julukan ini sangat mengusik ketentraman warga kampung. Ia menyadari memang banyak wanita yang berstatus janda di kampung ini. Namun, bukan berarti warganya nyaman dijuluki kampung janda.

“Sebenarnya pada marah ya disebut kampung janda. Makanya warga diajak sama tokoh masyarakat jangan panggil kampung janda lagi, mau dihapus, memang dari dulunya enggak ada,” ungkapnya.

Pupuh Siti Puadiah, warga Kampung Janda di Bogor

Pupuh Siti Puadiah, warga Kampung Janda di Bogor

Pupuh tak menyebut berapa banyak jumlah janda yang tinggal di kampung Panyarang sehingga dijuluki kampung janda. Namun Ia tahu persis siapa saja warga yang tinggal di sini yang berstatus janda. “Saya suka mendata janda di sini buat mendapat bantuan dari perorangan atau dari pemerintah,” imbuhnya


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1405140-pesona-kampung-janda-bogor-bikin-pria-nekat-menginap-cari-jodoh

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi