Pesan Eling lan Waspodo Jokowi untuk Hadapi Krisis Global di Sidang Tahunan MPR 2022

16 August 2022, 14:59

Dalam sambutannya di Sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR-RI dan DPD-RI, Jokowi membeberkan 5 agends besar Indonesia. Mulai hilirisasi bahan mentah, hingga Ibu Kota Nusantara.

Pertama, hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam harus terus dilakukan. Hilirisasi nikel, misalnya, yang disebut berhasil tumbuh 18 kali lipat. Dalam waktu dekat, ia juga akan menggencarkan hilirisasi bauksit dan timah.

Kedua, selain hilirisasi, optimalisasi sumber energi bersih dan ekonomi hijau juga jadi perhatian, bahkan harus terus ditingkatkan. Misalnya, persemaian dan rehabilitasi hutan tropis dan hutan mangrove, serta rehabilitasi habitat laut, akan terus dilakukan, dan akan menjadi potensi besar penyerap karbon.

Ketiga, perlindungan hukum, sosial, politik, dan ekonomi untuk rakyat yang harus diperkuat. Pemenuhan hak sipil dan praktik demokrasi, hak politik perempuan dan kelompok marjinal, harus terus kita jamin. Hukum harus ditegakkan seadil-adilnya, tanpa pandang bulu.

Dalam hal ini, ia memamerkan sederet capaian pemberantasan korupsi. Sebut saja korupsi Jiwasraya, Asabri, hingga pengadaan pesawat Garuda Indonesia.

Keempat, ia nenegaskan UMKM harus didukung agar bisa segera naik kelas. Digitalisasi ekonomi yang telah melahirkan dua decacorn dan sembilan unicorn perlu digenjot untuk membantu pemberdayaan UMKM.

“Kelima, pembangunan Ibu Kota Nusantara harus dijaga keberlanjutannya. IKN bukan hanya untuk para ASN, tetapi juga para inovator dan para wirausahawan. Bukan hanya berisi kantor-kantor pemerintah, tetapi juga motor penggerak ekonomi baru,” tukasnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5043661/pesan-eling-lan-waspodo-jokowi-untuk-hadapi-krisis-global-di-sidang-tahunan-mpr-2022

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi