Persiapan Sebelum Berangkat Haji, Perdalam Ilmu, Tukar Uang Hingga Kuota Internet

30 May 2022, 15:15

Persiapan Sebelum Berangkat Haji, Perdalam Ilmu, Tukar Uang Hingga Kuota Internet

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jemaah Calon Haji Indonesia (JCH Indonesia) wajib melakukan berbagai persiapan sebelum berangkat haji. Ini karena ibadah haji memang merupakan ibadah yang sangat menuntut persiapan, baik secara fisik, mental, maupun keuangan. 

Agar ibadah haji berjalan lancar dan sempurna, segala persiapan memang harus matang. Berikut beberapa persiapan sebelum berangkat haji berikut ini.

1.     Bekali Diri dengan Pengetahuan Ibadah Haji

Haji-2.jpg

JCH Indonesia harus terus memperkaya dan memperbarui wawasan atau pengetahuaan agama dan khususnya tentang cara beribadah haji yang baik dan benar. Untuk itu, manasik haji harus diikuti dengan serius. 

JCH Indonesia juga harus rutin berkonsultasi dengan pembimbing haji serta mengetahui aturan haji yang dikeluarkan oleh pemerintah indonesia.

2.     Menjaga Kondisi Fisik dan Kesehatan

Olahraga.jpg

Ibadah haji menuntut persiapan fisik dan kesehatan yang prima. Ini karena rangkaian ibadah haji cukup menguras fisik. Belum lagi kondisi cuaca di Tanah Suci yang jauh berbeda dari kondisi cuaca di Indonesia. Bahkan Kementerian Agama RI sudah mengumumkan potensi suhu panas hingga 40 derajat celcius di Tanah Suci nanti.

Kondisi fisik yang primma menghindarkan jemaah dari sakit karena faktor perbedaan cuaca ini.  Untuk itu, JCH Indonesia harus mulai rajin mengonsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, istirahat cukup/

3. Barang Bawaan yang Sesuai dan Tepat

Haji-3.jpg

Mengingat harus tinggal di Tanah Suci selama kurang lebih 40 hari, maka persiapkan barang bawaan yang sesuai dengan kebutuhan dan yang bisa menunjang aktivitas keseharian adalah hal yang wajib.

Prioritaskan barang bawaan termasuk obat-obatan yang diperlukan. Apabila bingung mengenai barang yang harus dibawa, JCH Indonesia bisa meminta saran mereka yang telah berpengalaman dalam melaksanakan ibadah haji.

4. Tukar Uang Rupiah ke Riyal

Uang.jpg

JCH Indonesia wajib menukar uang rupiah ke riyal. Ini dilakukan memudahkan berbagai transaksi jual beli.  Untuk itu. disarankan JCH Indonesia telah menukar uang sebelum waktu keberangkatan ke Tanah Suci tiba. 

Tukarkan uang Rupiah ke Riyal di layanan money charger remi ataupun bank. Tapi ingat, usahakan untuk tidak membawa uang dalam jumlah yang terlalu banyak.

Apabila tidak ingin repot, JCH Indonesia bisa memilih menggunakan kartu debit dari bank bank syariah di Indonesia yang menawarkan fasilitas kartu ATM yang dapat digunakan di Arab Saudi.

5.     Siapkan Pulsa Telepon dan Kuota Internet

​​​​​​​Haji-4.jpg

Tak kalah penting adalah menyiapkan pulsa telepon dan kuota internet agar komunikasi dengan keluarga di tanah air berjalan lancar.

Pilih paket layanan operator telekomukasi yang menurut Anda terbaik untuk digunakan di luar negeri khususnya saat berhaji. JCH Indonesia bisa membeli kartu SIM lokal di Arab Saudi untuk mendapatkan kuota internet yang murah.

Itulah beberapa persiapan sebelum berangkat haji yang harus dilakukan oleh JCH Indonesia. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/411528/persiapan-sebelum-berangkat-haji-perdalam-ilmu-tukar-uang-hingga-kuota-internet

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi