Perluas Bisnis di Luar Negeri, BNI Gandeng KB Kookmin Bank

30 May 2022, 18:06

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI resmi melakukan kerja sama dengan bank asal Korea Selatan, KB Kookmin Bank, untuk memperluas bisnis internasionalnya.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama, yang dilakukan langsung oleh Direktur Treasury dan Internasional BNI Henry Panjaitan dengan Head of the Global Business Group KB Kookmin Bank Nam Hoon Cho.

Henry menjelaskan, kerja sama bisnis itu meliputi transaksi tresuri, kredit sindikasi, trade finance, pendanaan dalam mata uang lokal, dan pertukaran informasi nasabah yang ingin melakukan perdagangan atau berinvestasi di negara asal kedua bank tersebut.

“BNI terus berupaya meningkatkan peran sebagai bank global Indonesia dengan salah satu langkah strategisnya yaitu dengan bekerjasama dengan KB Kookmin Bank sebagai bank nomor satu di Korea Selatan,” tutur dia dalam keterangan resmi, Senin (30/5/2022).

Baca juga: Literasi Keuangan Digital Masyarakat Masih Terbatas

Selain mendapatkan manfaat transaksi bisnis antara kedua bank, Henry menambah, bank dengan kode emiten BBNI itu dapat memfasilitasi masuknya investasi dari Korea Selatan ke Indonesia.

“Ke depannya, kami berharap kedua bank dapat meningkatkan hubungan yang lebih erat sekaligus menghasilkan transaksi-transaksi bisnis yang saling menguntungkan kedua belah pihak,” ujarnya.

Selain itu, kolaborasi itu juga mencakup pertukaran informasi nasabah, di mana BNI dapat memfasilitasi eksporitr-eksportir Indonesia untuk memperluas pasar di Korea Selatan.

“Dengan menghubungkan mereka kepada importir-importir Korea Selatan yang merupakan nasabah KB Kookmin Bank,” ucap Henry.

Asal tahu saja, KB Kookmin Bank telah masuk ke pasar Indonesia sejak tahun 2018 dengan mengakuisisi saham Bank Bukopin, di mana hingga saat ini jumlah kepemilikan atas Bank Bukopin sebesar 67 persen.

Baca juga: Ditopang Segmen Industri, Kredit Bank Mandiri Melesat 12,2 Persen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


https://money.kompas.com/read/2022/05/30/173000626/perluas-bisnis-di-luar-negeri-bni-gandeng-kb-kookmin-bank

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

NGO

Organisasi

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi