Perjalanan Karier Wan Abud, dari Pesinetron Putri Duyung hingga Buka Jasa WO

18 June 2021, 18:07

Perjalanan Karier Wan Abud, dari Pesinetron Putri Duyung hingga Buka Jasa WO

AktorFuad Alkharmeninggal dunia pada usia 62 tahun, Jumat (18/6). Kabar duka ini awalnya beredar di kalangan wartawan hingga akhirnya dikonfirmasi oleh salah satu sahabat Wan Abud, Ayu Azhari.

ADVERTISEMENT

“Iya sudah dapat (berita duka Wan Abud). Sedih,” ungkapnya saat dihubungi, Jumat siang.

Fuad Alkhar yang akrab disapaWan Abudini cukup populer lewat beberapa judul film sejak era 90-an. Sosoknya dikenal luas sejak membintangi sinetron Putri Duyung bersama Ayu Azhari.

Postingan Ayu Azhari

Pria yang lahir pada 10 Januari 1959 ini memulai karier dengan membintangi film ‘Nona Manis’ pada tahun 1990. Film ini menjadi debutnya di industri hiburan Tanah Air.

Setelah itu, namanya makin bersinar dan main di beberapa judul-judul film lainnya, seperti Ini Rindu (1991), Catatan Si Boy V (1991), Masuk Kena Keluar Kena (1992), Sarang Hantu Jakarta (2014 hingga Harim di tanah Haram (2015). Tercatat ada 10 judul film yang telah dibintangi Wan Abud semasa hidupnya.

ADVERTISEMENT

Wan Abud alias Fuad Alkhar. Foto: YouTube Indosiar

Kiprah Wan Abud di industri hiburan tak hanya bermain film. Ia juga dikenal sebagai pesinetron yang apik dalam berakting. Ia membintangi sederet sinetron yang semakin melambungkan namanya. Mulai dari Putri Salju (2004), Kawin Muda (2006), Emak Ijah Pengen Ke Mekah (2017), Putri Duyung Reborn (2017) dan terakhir membintangi sinteron Jodoh Pengantar Jenazah (2017).

Berjalannya waktu, pria yang terkenal dengan ucapan ‘bahlul ente’ ini memang jarang lagi terlihat di dunia akting. Di usianya yang tak lagi muda, ia memutuskan untuk menjadi seorang pebisnis yang bergerak di bidang tata rias pengantin dan Wedding Organizer.

Laporan: Willa Wahyuni

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi