Perempuan Rentan Mengalami Rambut Rontok, Ini Cara Mengatasinya

30 May 2022, 23:04

Ilustrasi rambut rontok. Blic.rs

TEMPO.CO, Jakarta – Rambut rontok merupakan masalah umum perempuan. Selalu ada alasan di balik kerontokan rambut, juga hampir selalu ada cara untuk memperbaikinya.

Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh salon Philip Kingsley mengadakan survei terhadap perempuan Inggris dan hasilnya, 40 persen saat ini mengalami kerontokan atau penipisan rambut, dan tiga perempat mengakui bahwa mereka khawatir akan menderita masalah ini di masa depan. Banyak yang mengakui bahwa hal itu memengaruhi kepercayaan diri untuk pergi keluar, bersosialisasi, dan menghindari pengambilan foto.

Anabel Kingsley, presiden merek dan ahli trikologi Philip Kingsley mengatakan, wanita berada dalam cengkeraman pandemi rambut rontok. Masalah telah diperparah selama beberapa tahun terakhir karena tekanan psikologis dan fisik yang luar biasa termasuk Covid, tekanan zaman modern yang dialami oleh wanita, wanita tidak punya waktu untuk memprioritaskan perawatan diri, dan kesehatan wanita tidak diprioritaskan.

“Semua faktor ini memiliki dampak negatif pada pertumbuhan rambut dan rambut rontok setiap hari,” kata dia. “Saya melihat begitu banyak wanita mengalami kerontokan rambut akibat ketidakcukupan pola makan akibat tidak memelihara diri mereka sendiri dengan makanan yang seimbang, segar dan sehat, serta dari informasi yang salah tentang seperti apa pola makan sehat itu,” dia menambahkan.

Kondisi rambut rontok lebih parah pada wanita yang mengalami kekurangan zat besi, Feritin, vitamin B12 dan vitamin D yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati serta ketidakseimbangan hormon, yang memperburuk kerontokan.

Terlepas dari semua penyebab yang memperparah kerontokan rambut, ada langkah-langkah untuk mengendalikannya. Berikut empat tips Kingsley untuk membantu menjaga rambut dalam kondisi lebih baik.

Cari bantuan
Selalu ada alasan untuk rambut rontok dan selalu ada sesuatu yang bisa dilakukan untuk membantu. “Wanita merasa sia-sia ketika menyuarakan keprihatinan tentang kehilangan rambut mereka. Sebenarnya, rambut rontok tidak pernah sepele. Rambut kita membentuk bagian utama dari identitas kita dan sangat penting untuk suasana hati, persepsi diri, dan kepercayaan diri kita sehari-hari,” kata Kingsley.

Makan makanan bergizi seimbang dan bervariasi
Makanlah makanan yang bergizi seimbang, penuh warna, bervariasi dan musiman yang kaya energi, protein, lemak sehat, vitamin B12, seng dan zat besi. “Untuk membantu memastikan rambut mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh dengan kemampuan terbaiknya, konsumsilah suplemen nutrisi khusus rambut,” ujar dia.

Faktanya bahwa meskipun rambut tidak penting secara fisik, itu adalah jaringan dengan kebutuhan nutrisi yang sangat tinggi dan unik. Oleh karena itu, rambut butuh bantuan ekstra vitamin, mineral, dan protein tertentu.

Rawat kulit kepala
Kesehatan kulit kepala berperan penting dalam pertumbuhan rambut. “Segala sesuatu mulai dari peradangan kulit kepala dan ketidakseimbangan mikroba hingga genetika dan sensitivitas hormonal dapat memengaruhi kesehatan folikel rambut, dan rambut yang muncul darinya,” ujar dia.

Ketahui produk untuk rambut rontok
Ketahui apa khasiat produk rambut rontok dan apa yang secara realistis dapat diharapkan dari produk itu.

EXPRESS.CO.UK

Baca juga: 5 Tips Mempercepat Pertumbuhan Rambut Menurut Pakar

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Tempo.co Update untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram lebih dulu.


https://cantik.tempo.co/read/1596632/perempuan-rentan-mengalami-rambut-rontok-ini-cara-mengatasinya

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi