Percepat Tekan Kemiskinan, Jateng Dorong Pemberdayaan Ekonomi Perempuan

3 November 2021, 19:51

Percepat Tekan Kemiskinan, Jateng Dorong Pemberdayaan Ekonomi Perempuan

loading…

PEMALANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus menggenjot upaya pengentasan warga miskin. Satu di antaranya, mengoptimalkan pemberdayaan perekonomian pada perempuan, melalui pemberian bantuan dan pelatihan keterampilan.

Kegiatan ini menggandeng Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) dan dinas-dinas terkait, pola tersebut dikembangkan di lokasi. Yakni, Desa Bantarbolang (Pemalang), Desa Ketro (Sragen), dan Desa Batur (Demak). Pemberdayaan ekonomi perempuan dilaksanakan dengan memaksimalkan potensi lokal.

Di Desa Bantarbolang, Pemalang, pola pengembangan ekonomi perempuan dilakukan dengan memberdayakan warga membuat sirup rambutan. Pasalnya, hampir di setiap halaman rumah terdapat tanaman buah tersebut. Jika sedang musim, warga bisa memanen hingga satu kwintal buah rambutan, sehingga mengakibatkan harga jual rambutan yang merosot.

Percepat Tekan Kemiskinan, Jateng Dorong Pemberdayaan Ekonomi Perempuan

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menyebut, pengentasan warga miskin mutlak dilakukan secara bergotong royong. Tidak hanya pemerintah, namun elemen terkait juga punya tanggungjawab serupa.

“Ada tiga kelompok dengan jumlah anggota masing-masing 10 orang. Nanti kita berdayakan membuat sirup. Pasti nanti ada dampak positif salah satunya untuk menanggulangi kemiskinan,” ujar Gus Yasin, sapaan wagub, seusai membuka acara pencanangan Desa Sejahtera bagi Perempuan dan Anak (Destara), di Pendapa Kabupaten Pemalang, Rabu (3/11/2021).

Ia menyebut selain pemberdayaan, ada pula bantuan stimulan berupa renovasi rumah layak huni dan santunan bagi anak yatim/piatu karena Covid-19.

Ditanya terkait tugas pengentasan kemiskinan dari pemerintah pusat, Gus Yasin mengaku optimistis. Namun, ia menyadari dengan tenggat yang ditetapkan penuntasan warga miskin akan dilakukan secara bertahap. Terlebih, kondisi ekonomi saat ini yang belum sepenuhnya pulih.

Dalam kesempatan itu, Gus Yasin mengingatkan agar warga tak abai dengan ancaman penularan gelombang ketiga.


https://nasional.sindonews.com/read/588502/94/percepat-tekan-kemiskinan-jateng-dorong-pemberdayaan-ekonomi-perempuan-1635941466

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi