Perbandingan Tiket Candi Borobudur dengan 4 Wisata Dunia Lainnya, Lebih Mahal Mana?

8 June 2022, 11:48

Perbandingan Tiket Candi Borobudur dengan 4 Wisata Dunia Lainnya, Lebih Mahal Mana?

Suara.com – Tiket Candi Borobudur tengah jadi sorotan karena kenaikan harga untuk pengunjung domestik yang akan naik ke puncak stupa. Lantas seperti apa bila tiket Candi Borobudur dibandingkan dengan tiket tempat wisata ikon dunia lainnya?

Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan terkait perubahan harga tiket masuk wisatawan ke Candi Borobudur yang mencapai Rp 750 ribu untuk turis domestik atau dalam negeri dan 100 Dolar Amerika Serikat untuk wisatawan mancanegara yang ingin naik ke puncak stupa Candi Borobudur.

Sementara itu, tiket masuk regulernya tetap senilai Rp 50 ribu per orang. Tarif untuk anak sekolah mencapai Rp 5000 per pelajar untuk mendukung pembelajaran.

Kenaikan harga tiket ini diberlakukan dengan alasan pembatasan pengunjung yakni 1.200 orang per hari. Kenaikan harga tersebut tentunya memicu perbandingan tempat wisata dunia yang lain. Berikut perbandingan tiket Candi Borobudur dengan tempat wisata yang lain.

Baca Juga:
Banjir Protes, Kenaikan Harga Tiket Candi Borobudur Akhirnya Ditunda

1. Menara Eiffel

Menara Eiffel yang merupakan salah satu landmark kota Paris, Perancis ini selalu menjadi perhatian dunia. Menara Eiffel yang menarik ini dibangun dalam rangka Paris World’s Fair tahun 1889 meskipun konstruksinya telah dimulai sejak 1887. Harga tiket ke Menara Eiffel yakni berdasarkan tingkat ketinggian mana yang ingin dikunjungi.

Menara Eiffel dilengkapi dengan lift pada setiap bagian yang ingin dikunjungi. Harga tiket akses lift hingga bagian atas atau lantai ke tiga ini untuk orang dewasa mencapai 26,80 Euro atau sekitar Rp 314.994. Lantai dua menara ini dapat dikunjungi orang dewasa dengan harga tiket Rp 264.039 menggunakan lift, sementara akses dengan tangga dipatok harga Rp 157.034.

2. Machu Picchu

Machu Picchu merupakan peninggalan peradaban Inca yang terletak di Lembah Urubamba, Peru. Jika ingin ke Machu Picchu, pengunjung harus mengeluarkan uang sekitar Rp 4 juta. Harga ini sudah termasuk tiket pesawat ke Lima Cusco, minivan, kereta, bus, dan tiket masuk situs Machu Picchu.

Baca Juga:
Rencana Kenaikan Harga Tiket Banyak yang Protes, Ini Daftar Tarif Masuk ke Candi Borobudur

Ada tiket yang lebih murah yakni sekitar Rp 2.921.000 dengan rute jalan kaki. Jika dihitung terpisah, harga tiket masuk saja ke Machu Picchu untuk turis luar negeri yakni Rp 590.044.


https://www.suara.com/news/2022/06/08/110423/perbandingan-tiket-candi-borobudur-dengan-4-wisata-dunia-lainnya-lebih-mahal-mana

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi