Perayaan Jerusalem Day Diwarnai Bentrok Warga Israel dan Palestina

30 May 2022, 17:15

Perayaan Jerusalem Day Diwarnai Bentrok Warga Israel dan Palestina

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setiap tahunnya, warga Yerusalem, Israel merayakan Jerusalem Day dengan mengarak bendera Israel menuju  pusat kota. Namun kali ini perayaan harus diwarnai dengan bentrok antar warga Israel yang mengikuti arak-arakan dengan warga Palestina.

Arak-arakan bendera ini diikuti setidaknya oleh 70.000 warga Yahudi Yerusalaem. Bentrokan terjadi saat warga Yerusalem melintas melewati perkampungan muslim yang dihuni warga Palestina. Warga menyanyi dan menari mengikuti irama muisk.

Bahkan dilansir dari CNN sebagian ada yang membawa poster bertuliskan ‘Death to Arabs’ (matilah Bangsa Arab) dan meneriakkannya keras-keras. Disinyalir, hal inilah yang menjadi pemicu keributan yang berlangsung.

Beberapa video yang diunggah di internet memperlihatkan perkelahian terjadi antara penduduk Israel dan Palestina. Beberapa yaing lainnya saling lempar botol, batu, alas kaki, atau benda apapun yang bisa dipergunakan untuk membela diri.

Pemerintah Israel menurunkan 3000 polisi untuk mengamankan keributan. Setidaknya terdapat 15 warga luka-luka. Polisi setempat mengungkap kurang lebih 50 orang baik warga Israel maupun Palestina telah ditangkap untuk dimintai keterangan.

Tak kurang dari 5 orang anggota kepolisian Israel juga mengalami luka ringan saat pengamanan bentrokan dengan warga Palestina. Kejadian ini merupakan kejadian kesekian kalinya yang terus terulang setiap tahun saat perayaan Jerusalem Day. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/411560/perayaan-jerusalem-day-diwarnai-bentrok-warga-israel-dan-palestina

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi