Penyalahgunaan Subsidi Jadi Penyebab Kelangkaan Solar

1 April 2022, 11:10

KBRN, Jakarta: Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan mengatakan kelangkaan BBM jenis Solar yang terjadi di sejumlah daerah disebabkan karena banyaknya penyalahgunaan subsidi di tengah masyarakat.

Saat kelangkaan, harga yang ditawarkan cukup jauh berbeda dengan harga solar non subsidi. Solar subsidi sendiri ditawarkan dengan harga Rp5.500/liter, sedangkan non subsidi menawarkan Rp12.000/liter. 

“Karena ini penyebab terjadinya penyelewengan dan penyalahgunaan dari solar subsidi, banyak orang yang memanfaatkan kondisi itu dengan mengambil kouta banyak dari harga yang murah dari subsidi solar ini,” kata Mamit Setiawan melalui wawancara Pro 3 RRI, Kamis (31/3/2022). 

Selain mengenai penyalahgunaan, ia menyebut jika langkanya solar subsidi juga disebabkan oleh kouta solar subsidi yang dimiliki berkurang di tahun ini.

“Penyebab lain kelangkaan solar bersubsidi di tahun ini adalah karena kouta solar untuk solar subsidi ini dikurangi. Di tahun 2021 lalu kuota solar kita di angka 15.8 juta kiloliter, ditahun ini diangka 15.1 juta kiloliter jadi memang ada penurunan hampir 700 ribu kiloliter,” jelasnya.

Dari hal ini, lanjutnya, kemudian timbul dampak adanya penurunan secara otomatis kouta di sejumlah daerah. Pemerintah dan Pertamina pun saat ini telah mencarikan solusi.

“Saya sudah mengusulkan kepada Pemerintah dan Pertamina dengan solusi daerah yang sudah zona merah diberikan subsidi silang yakni pengiriman dari daerah lain yang memiliki kouta banyak, sehingga bisa mengurangi antrian,” jelasnya kembali.

“Maka dari itu saya juga mengimbau kepada Pemerintah untuk dalam hal ini bekerjasama melakukan pengawasan mengenai solar subsidi dan untuk meminimalisir penyelewengan penggunaan solar subsidi,” tutupnya.

Untuk diketahui, saat ini sejumlah daerah tengah mengalami kelangkaan BBM solar, seperti Sumatera Selatan, Bengkulu, hingga Riau. Masing-masing kepala daerah bahkan harus turun gunung untuk menyelesaikan kelangkaan solar tersebut.


https://rri.co.id/ekonomi/1407079/penyalahgunaan-subsidi-jadi-penyebab-kelangkaan-solar?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Media

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi