Penumpang KRL dari Bekasi, Ada Stasiun Alternatif Hindari Penumpukan di Manggarai

31 May 2022, 9:25

Merdeka.com – KAI Commuter terus berupaya untuk mengurai penumpukan penumpang yang terjadi di Stasiun Manggarai dalam beberapa hari terakhir. Imbas penerapan switch over (SO) 5, yang dimulai sejak Sabtu (28/5) lalu.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menyampaikan salah satu upaya yang dilakukan yakni mensosialisasikan prihal stasiun transit yang bisa digunakan penumpang Bekasi selain Stasiun Manggarai, yakni Stasiun Duri Angke maupun Stasiun Kampung Bandan.

taboola mid article

“Kami juga akan mensosialisasikan, selain st manggarai, ada stasiun-stasiun yang bisa dilakukan untuk transit seperti Duri Angke, Kampung Banda,” kara Anne kepada wartawan, dikutip Selasa (31/5).

Penggunaan dua stasiun itu bisa dimanfaatkan bagi para penumpang yang akan menuju maupun berangkat dari Bekasi. Karena, half tracked perubahan pada rute Bekasi saat ini melintasi Jatinegara-Manggarai-Kampung Banda, Duri Angke berlaku rute sebaliknya.

Sehingga, untuk dari Bekasi ke Cikarang akan masuk ke Jatinegara-Manggarai lalu muter ke Angke-Kampung Bandan. Hingga kemudian masuk ke Pasar Senen, dan kembali ke Jatinegara barulah melanjutkan perjalanan ke Bekasi dan Cikarang.

Selain itu, Anne juga menyampaikan bahwa terkhusus penumpang dari Bakasi yang akan menuju Jakarta Kota bisa memanfaatkan stasiun Tanjung Priok. Hal ini agar mencegah penumpukan di stasiun Manggarai.

“Sehingga penumpang Bekasi tidak harus ke Manggarai untuk kembali ke Bekasi. Ini bertahap sosialisasinya, agar massage dari pola transjt ini bisa terus teredukasi kepada masyarakat tujuannya keselamatan,” ucapnya.

2 dari 2 halaman

Jadwal Kereta Feeder

Sebelumnya, Penerapan switch over 5 Stasiun Manggarai sudah memasuki hari ketiga. Kebijakan ini menyebabkan ledakan pengguna KRL di peron tertentu.

Menyikapi hal itu, VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba menyatakan pihaknya telah menyediakan feeder untuk mengurai kepadatan pengguna KRL untuk relasi Manggarai-Angke/Kampung Bandan.

Berikut jadwal feeder pada jam sibuk pagi hari:
– Relasi Manggarai-Angke/Kampung Bandan pukul 06.27, 07.33, 08.04, 08.30, 09.33.
– Relasi Kampung Bandan/Angke-Manggarai pukul 07.19, 08.51, 08.09, 09.27, 10.25.

Sedangkan jadwal feeder di jam sibuk sore hari:
– Relasi Manggarai-Angke/Kampung Bandan pukul 14.31, 16.19, 17.42, 19.02.
– Relasi Kampung Bandan/Angke-Manggarai pukul 15.28, 17.03, 18.24, 19.46.

Anne menyampaikan, perjalanan KRL feeder yang melayani relasi Manggarai-Angke/Kampung Bandan tersedia di jalur 6, dapat secara efektif mengurai kepadatan di Stasiun Manggarai saat jam sibuk pagi pukul 06.30-09.00 Wib.

“Khususnya pengguna dari arah Bogor menuju Sudirman, Tanah Abang hingga Kampung Bandan,” imbuhnya.

Dia menambahkan, di jalur 7 khusus digunakan KRL Cikarang menuju Angke/Kampung Bandan dan di jalur 9 melayani KRL Cikarang menuju Jatinegara/Bekasi/Cikarang yang khusus dioperasikan saat jam sibuk pagi pukul 06.00-09.00 Wib dan jam sibuk sore pukul 15.00-20.00 Wib.

Anne mengatakan, switch over 5 Stasiun Manggarai Manggarai sedianya dapat memperkecil durasi keterlambatan sampai 3 menit untuk KRL rute Bogor dan 3-4,5 menit untuk KRL rute Cikarang.

“Dari yang sebelumnya 7-10 menit untuk KRL Lin Bogor dan 12-15 menit untuk KRL Lin Cikarang. Ini didukung juga dengan dicabutnya pembatasan kecepatan yang masuk keluar jalur 1 dan 2 serta jalur 6 dan 7,” ucap Anne.

[rhm]


https://www.merdeka.com/jakarta/penumpang-krl-dari-bekasi-ada-stasiun-alternatif-hindari-penumpukan-di-manggarai.html

 

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi