Pentingnya Pengembangan Karyawan untuk Perusahaan

30 May 2022, 16:07

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com – Dalam suatu perusahaan, ada banyak kegiatan yang bisa diberikan kepada karyawan untuk meningkatkan kompetensinya. Bahkan, hal ini wajib dilakukan karena dinilai mampu berdampak baik pada kemajuan perusahaan.

Setiap karyawan yang memiliki nilai lebih tentu akan meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kreativitas kerja. Maka dari itu, pengembangan karyawan harus dilakukan secara serius yang disertai dengan proyeksi pada masa depan.

Hal ini juga dijelaskan oleh Mincot, admin HRD Bacot, dalam siniar Obsesif musim kelima bertajuk “Pentingnya Pengembangan Karyawan”. Di sana, ia menekankan pentingnya pengembangan karyawan dengan berbagai model yang bisa dicoba oleh perusahaan.

Jangan sampai karyawan yang bekerja dibiarkan saja kompetensinya. Jika ingin memiliki pola pikir maju (growth mindset) dan kritis, tentu mereka juga harus difasilitasi dalam pengembangannya.

Menurut Mincot, idealnya pengembangan karyawan menggunakan konsep 70, 20, 10. Angka-angka ini merupakan persentase dari 100 persen waktu belajar seseorang dalam lingkup pekerjaan.

Baca juga: Perlunya Menciptakan Personal Branding agar Karier Cemerlang

Jika dijabarkan 70 persennya adalah experiential learning, yaitu proses pembelajaran karyawan lewat pengalaman langsung. Sementara itu, 20 persen berupa social learning, yaitu para karyawan belajar lewat hubungan sosial atau biasanya dengan orang-orang yang lebih berpengalaman.

Terakhir, adalah formal learning yang memiliki persentase 10 persen. Di dalam pembelajaran jenis ini, karyawan difasilitasi lewat aktivitas yang tersusun rapi, seperti modul atau jadwal kelas.

Melalui angka persentase, kita bisa menyimpulkan bahwa experiential learning adalah metode yang paling penting. Maka dari itu, karyawan dengan pembelajaran jenis ini harus didampingi oleh mentor atau atasan agar bisa dikoreksi jika melakukan kesalahan.

Model Pengembangan Karyawan

Selain konsep, ada pula model pengembangan karyawan yang bisa dicoba. Pertama adalah job enlargement. Model ini biasanya dilakukan dengan menambah beban atau tanggung jawab suatu karyawan.


https://money.kompas.com/read/2022/05/30/150000726/pentingnya-pengembangan-karyawan-untuk-perusahaan

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi