Pengamat Minta Jaksa Kasasi atas Diskon Hukuman Mantan Bos Asabri

31 May 2022, 1:01

 Pengamat Minta Jaksa Kasasi atas Diskon Hukuman Mantan Bos Asabri

ILUSTRASI. Terdakwa kasus dugaan korupsi pengelolaan dana ASABRI Letnan Jenderal TNI (Purn) Sonny Widjaja (kiri) dan Mayor Jenderal TNI (Purn) Adam Damiri (kanan) . ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom.

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Empat orang terpidana kasus korupsi PT Asabri boleh bernafas lega. Bagaimana tidak, Pengadilan Tinggi DKI memangkas hukuman mereka dari proses perkara banding.

Adapun, keempat orang yang mendapatkan keringanan hukuman tersebut ialah Adam R. Damiri, Sonny Widjaja, Hari Setianto dan Bachtiar Effendi. Adam R. Damiri menjadi orang yang mendapat pemangkasan pidana penjara paling besar dari 20 tahun menjadi 15 tahun.

Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman meskipun menghargai vonis tersebut, pihaknya tetap menyayangkan karena seharusnya Pengadilan Tinggi justru bisa memperberat hukuman terpidana tersebut.

“Meskinya di tingkat Pengadilan Tinggi bisa ditambah kalau memang dinyatakan bersalah lho ya,” ujar Boyamin kepada Kontan, Senin (30/5).

Boyamin menyebut dengan adanya vonis tersebut bisa mengurangi kepercayaan masyarakat. Mengingat, kerugian yang dialami dari kasus ini cukup besar dengan catatan BPK mencapai Rp 22,78 triliun.

Ia melihat saat ini kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan asuransi pun sudah menurun. Menurutnya, banyak orang yang sudah tidak mau lagi menempatkan uangnya di industri ini.

Selanjutnya, Boyamin berharap Kejaksaan Agung bisa mengajukan kasasi atas vonis dari banding ini. Setidaknya, keringan hukuman pidana penjara atas empat terpidana ini bisa dibatalkan.

“Nanti di kasasi sih semoga diskon itu dibalikan ke asal lah minimal,” imbuhnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Ketut Sumedana mengungkapkan bahwa pihaknya belum memutuskan langkah selanjutnya atas vonis tersebut. 

“Kami masih mempelajari dulu,” ujarnya.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Reporter: Adrianus Octaviano
Editor: Lamgiat Siringoringo


https://nasional.kontan.co.id/news/pengamat-minta-jaksa-kasasi-atas-diskon-hukuman-mantan-bos-asabri

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi