Pengamat: AHY Cawapres Paling Realistis dan Ideal Dampingi Anies di 2024

24 October 2022, 2:26

Jakarta,Gatra.com-Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menyebut Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY menjadi pasangan paling ideal bagi Anies Baswedan. Rekam jejak pengalaman politik AHY dinilai mumpuni dan mampu memberikan suara yang lebih besar bagi Anies di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“AHY adalah cawapres Anies yang paling ideal, selain sebagai ketum partai yang bisa menggenapi koalisi ini 20 persen,” ujar Adi dalam perbincangan virtual Safari24 Total Politik, Kamis malam (20/10).

Baca juga : PKB Tanggapi Pertemuan Anies dengan AHY

Adi mengatakan AHY punya elektabilitas lebih tinggi dibandingkan dengan calon nama-nama lainnya, seperti Khofifah ataupun Panglima TNI Andika misalnya. Menurut Adi, Khofifah dan Andika belum terkonfirmasi sebagai orang yang ingin maju di Pemilu 2024 nanti.

 “Jadi wajar kemudian tingkat awareness dan pengetahuan terkait dengan Andika dan Khofifah itu rendah,” katanya.

Baca juga : Demokrat: Anies dan AHY Memiliki Hubungan yang Cukup Baik

Selain itu, menurut Adi saat ini memasangkan AHY dengan Anies Baswedan menjadi pilihan yang paling realistis. Sebab, kata Adi, popularitas AHY di masyarakat sudah dipupuk sejak AHY maju pada Pilkada Gubernur DKI 2017 lalu.

“Kalau bicara tentang AHY, ya kalau nggak Gubernur ya Cawapres orang taunya,” ucapnya.

Baca juga : Perpisahan di Balai Kota Sambil Kampanye, Anies Baswedan: Majulah-majulah Menang

Meski AHY dinilai paling ideal maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan, tetapi ia akui masih memiliki kelemahan. Salah satunya,  AHY tidak mampu menutupi kekurangan Anies pada basis pemilihan di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

“AHY tidak bisa menutupi secara signifikan kelemahan yang ditinggalkan Anies,” imbuhnya.

Partai

Institusi

K / L

BUMN

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi