Penerimaan Kepabeanan dan Cukai di Jawa Barat Meningkat dalam 2 Tahun Terakhir

1 April 2022, 11:11

PIKIRAN RAKYAT – Realisasi penerimaan atas kepabeanan dan cukai di Provinsi Jawa Barat terus mengalami peningkatan sejak 2 tahun terakhir.

Pada tahun 2020, penerimaan atas kepabeanan dan cukai menyentuh angka Rp30,3 triliun dari yang semula ditargetkan sebesar Rp28,48 triliun.

Pada tahun 2021, realisasi penerimaan bea cukai kembali naik dengan pertambahan hampir mencapai Rp2 triliun, menjadi Rp32,18 triliun. Realisasi penerimaan ini melebihi dari nilai yang ditargetkan sebesar Rp31,9 triliun pada tahun 2021.

“Kalau kita lihat, sepertinya kami hanya melayani, mengawasi. Tapi, yang menjadi fokus kami di setiap tahun adalah bagaimana kita bisa fokus di dalam penerimaan. Kalau dulu, fokusnya terkait dengan masalah bea masuk dan bea keluar, nah kalau di Jawa Barat ini yang cukup besar terkait dengan penerimaan cukai. Karena sebagaimana diketahui, di daerah Karawang misalnya, ada terdapat pabrik produsen rokok di sana, dan ini cukup besar. Di tahun 2021, berhasil menerima penerimaan sebesar Rp32,18 triliun, atau 100,88 persen dari target,” ujar Plh Kakanwil Bea Cukai Jabar, Ari Setyo Widodo saat mengunjungi Kantor Pikiran-Rakyat di Jalan Asia-Afrika No.77, Kota Bandung, Rabu 30 Maret 2022.

Baca Juga: Heboh Barang Pemberian Pembalap MotoGP Dilelang Pemerintah, Staf Kemenkeu Beri Penjelasan

“Untuk tahun 2022 ini, kami dibuatkan target penerimaan sebesar Rp33, 5 triliun. Setiap tahun target penerimaan meningkat, tahun depannya lagi dikejar lagi,” ujar Ari menambahkan.

Di samping itu, Ari melanjutkan jumlah penindakan atas barang ilegal yang masuk ke Jawa Barat turut mengalami peningkatan.

Dia menjelaskan bahwa penindakan atas barang ilegal berada di bidang unit pengawasan dan penindakan yang termasuk dalam bagian community protector.

Baca Juga: Harga Pertamax Naik Jadi Rp16.000 per Liter, Warga Kembali Pilih Pertalite: Auto Hijrah

Sama halnya seperti realisasi bea cukai yang selalu mengalami kenaikan 2 tahun terakhir, penindakan atas barang ilegal juga turut naik dengan yang paling besar porsinya adalah penindakan terhadap rokok ilegal.


https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-014115506/penerimaan-kepabeanan-dan-cukai-di-jawa-barat-meningkat-dalam-2-tahun-terakhir

Tokoh

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi