Pemprov DKI Pastikan Evaluasi Rumah Dinas yang Dialihfungsikan

16 August 2022, 9:14

KBRN, Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan akan melakukan evaluasi terhadap kondisi rumah dinas Camat hingga Lurah yang kini menjadi gudang barang bekas di Jakarta Pusat. Sejumlah rumah dinas Lurah hingga Camat diketahui banyak yang beralih fungsi menjadi gudang penyimpanan barang bekas.

“Nanti untuk kedepannya kita akan melakukan evaluasi dan memfungsikan kembali rumah dinas sesuai dengan fungsinya. Jadi rumah tersebut bukan untuk menyimpan barang-barang bekas,” kata Riza di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (15/8/2022).

Menurutnya, pemerintah provinsi DKI Jakarta telah menganggarkan fasilitas rumah dinas yang dibangun sejak lama. Tentunya untuk dihuni oleh jajarannya.

“Memang ada beberapa rumah dinas yang seharusnya di isi oleh lurah, mungkin ada satu atau dua hal. Jadi rumah dinas tersebut tidak difungsikan sebagai tempat tinggal melainkan untuk menyimpan barang-barang yang ada inventarisnya,” ungkapnya.

Selain itu, Riza menyebutkan bahwa inventaris kelurahan merupakan tanggung jawab kelurahan yang perlu dijaga, dirawat dan dipastikan dengan baik.

“Dirumah dinas tersebut memang ada inventaris yang milik kelurahan yah itu tugas kelurahan, kalau milik Pemprov ya tugas Pemprov yang harus dijaga, dirawat dan dipastikan dalam kondisi baik. Harus didata dan tidak boleh hilang,”ujarnya

“Oleh sebab itu makanya rumah dinas yang kosong dimanfaatkan,” kata Riza menambahkan.

Riza pun akan mengkaji lebih lanjut terkait pengalihan fungsi rumah dinas tersebut sebelum adanya sanksi yang akan diberikan.

“Kita lihat juga sejauh mana penggunaannya, dasarnya serta pemanfaatan dan sebagainya,” kata Riza mengakhiri.


https://rri.co.id/daerah/1582814/pemprov-dki-pastikan-evaluasi-rumah-dinas-yang-dialihfungsikan?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi