Pemkot Tangerang Temukan 10 Bahan Pangan Berbahaya

1 April 2022, 11:13

KBRN, Tangerang: Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriyah, ditemukan sebanyak 10 bahan pangan yang dijajakan di Pasar Anyar, Kota Tangerang, mengandung zat berbahaya. Ditambah lagi dua produk seperti saus dan susu serta beberapa komoditi lainnya berformalin.

“Dari 230 sampel yang diuji, ada 10 bahan pangan yang ditemukan mengandung zat berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan. Seperti, ikan teri, usus ayam dan tahu putih,” ungkap Abduh Surahman, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang kepada rri.co.id, Rabu (30/3/2022).

Hal itu, sambung Abdul, berdasarkan hasil inspeksi mendadak (sidak) dan uji sample laboratorium yang dilakukan menjelang bulan puasa. Guna memastikan keamanan pangan yang beredar di Pasar Tradisional.

Memurutnya, terdapat 230 bahan pangan yang diuji sample, diantaranya bakso, ikan, usus ayam, tahu putih, cincau hitam, jeruk medan, kemangi hingga kerupuk pasir dan lainnya.

“Pemeriksaan dan pengawasan keamanan pangan ini ditujukan untuk menghindari penggunaan zat berbahaya seperti formalin, pewarna tekstil, residu pestisida hingga kadaluarsa yang terdapat pada makanan yang dijajakan para pedagang,” paparnya.

Sementara, Direktur PD Pasar Kota Tangerang, Titien Mulyati menyatakan, para pedagang yang kedapatan menjual pangan berbahaya ini, akan diberikan pembinaan dan membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi.

“Tentu saja, ini harus dipatuhi dan disadari semua pihak. Bagaimana kita akan kembali melakukan pengawasan yang lebih berkala, dan pedagang lebih jujur dalam berdagang. Sehingga tidak ada kerugian jangka panjang dalam kesehatan para konsumen,” tutur Titien.

Dikeyahui, pada uji sample bahan pangan juga melibatkan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kota Tangerang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, Badan Pengawas Obat dan Makanan BPOM Serang, Dinas Pertanian Provinsi Banten, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten, Balai Karantina Ikan Bandara Soekarno Hatta (KKP RI), Polres Metro Tangerang serta Satpol PP Kota Tangerang.


https://rri.co.id/daerah/1406952/pemkot-tangerang-temukan-10-bahan-pangan-berbahaya?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Tokoh

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Transportasi