Pemkot Depok Minta Rp 27 Miliar ke Jakarta untuk Penataan Situ

3 November 2021, 8:09

Ilustrasi rupiah.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemprov DKI Jakarta mengusulkan anggaran bantuan keuangan untuk Pemerintah Kota Depok sebesar Rp 27 miliar dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2022.

Angka ini merupakan jumlah yang disetujui oleh Pemprov DKI Jakarta, dari jumlah yang sebelumnya diusulkan oleh Pemkot Depok.

“Kami fokus (memprioritaskan bantuan keuangan) ke banjir sama transportasi dan lingkungan hidup,” sebut Kepala Bagian Kerja Sama Dalam Negeri dan Fasilitas Korps Diplomatik pada Biro Kerja Sama Daerah (KSD) Sekretariat Daerah (Setda) DKI Jakarta, Tonny Depriana, pada Selasa (2/11/2021) malam.

“Banjir, misalnya di Depok, Kabupaten dan Kota Bogor, itu concern-nya lebih ke banjir. Depok lebih ke penataan situ,” tambahnya.

Baca juga: Tangsel Minta Bantuan Rp 17,5 Miliar ke Jakarta untuk Kelola Sampah hingga Penyelenggaraan Jalan

Bantuan keuangan yang diberikan kepada Depok diharapkan dapat memperbesar kapasitas situ yang ada di Kota Belimbing itu, sebagai wilayah tangkapan air yang menyangga Ibu Kota.

Dalam rapat anggaran antara Biro KSD dengan DPRD DKI Jakarta di Grand Cempaka Resort, Cisarua, Jawa Barat, Selasa sore, terungkap bahwa usulan bantuan keuangan dari Pemprov DKI ke Pemkot Depok sejumlah Rp 27.028.000.000.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada dokumen yang dipaparkan dalam rapat, tertera bahwa anggaran tersebut rencananya dipakai untuk penataan Situ Sidomukti berkapasitas 60.000 meter kubik, seharga Rp 22.828.000.000.

Kemudian penataan Situ Bahar berkapasitas 8.500 meter kubik seharga Rp 4,2 miliar.

Sebagai informasi, sebelumnya Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono pernah mengungkapkan bahwa pihaknya fokus mengamankan 23 situ tersisa di wilayahnya agar tidak diserobot jadi lahan terbangun.

Pengamanan situ-situ itu dikakukan dengan cara melakukan sertifikasi hingga merevitalisasinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


https://megapolitan.kompas.com/read/2021/11/03/06273951/pemkot-depok-minta-rp-27-miliar-ke-jakarta-untuk-penataan-situ

 

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi