Pemerintah Pangkas Aturan Karantina Pelaku Perjalanan dari Luar Negeri Jadi 3 Hari

3 November 2021, 0:00

Ilustrasi karantina.

PIKIRAN RAKYAT – Pemerintah kembali mengeluarkan aturan baru terkait perjalanan luar negeri di masa pandemi Covid-19, bagi mereka yang baru kembali dari perjalanan luar negeri, pemerintah akan menerapkan kebijakan karantina selama tiga hari dari sebelumnya lima hari.

Kendati begitu, kebijakan tersebut hanya berlaku bagi masyarakat yang memenuhi ketentuan. Hal itu juga disampaikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam siaran persnya, secara virtual, di Jakarta, Selasa, 2 November 2021.

“Pengaturan untuk Pelaku Perjalanan Internasional (PPI), pelaksanaan karantina diberlakukan selama tiga hari. Bagi PPI yang telah memenuhi syarat,” kata Airlangga.

Baca Juga: Rizky Billar Unggah Chat saat PDKT dengan Lesti Kejora, Beberkan Nama Panggilan yang Tak Disukai sang Istri

Lebih lanjut, adapun syarat yang dimaksud seperti, vaksinasi sudah lengkap (2 dosis), hasil tes PCR negatif pada saat keberangkatan, ketibaan, dan saat akan selesai karantina.

Dia menjelaskan, rencananya kebijakan terkait karantina ini akan segera dituangkan dalam perubahan SE KaSatgas Nomor 20/2021.

Selain itu, pemerintah juga akan melakukan pengawasan bersama dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) pada berbagai kegiatan besar yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Baca Juga: Diperiksa Soal Kabur Saat Karantina, Rachel Vennya Dicecar 38 Pertanyaan

Kegiatan tersebut antara lain, Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) di Papua, World Superbike (WSBK) di Mandalika, Badminton (Indonesia Masters, Indonesia Open, dan BWF World Tour Finals) di Bali, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman PMJ News.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-012929950/pemerintah-pangkas-aturan-karantina-pelaku-perjalanan-dari-luar-negeri-jadi-3-hari

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi