Pemerintah Cenderung Meniru Model Pembangunan RRC

17 September 2021, 8:18

KNews.id- Para ahli politik telah ramai sejak lama mengamati bahwa pemerintah Jokowi cenderung meniru model pembangunan negara China. Dua jenderal di samping Jokowi yang kini jadi menteri, Luhut dan Prabowo berkali-kali memuji China.

Luhut bahkan seperti menjadi host hubungan pemerintah China dengan Indonesia. Demikian dikatakan Anggota Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Nuim Hidayat dalam artikel berjudul “Politik Pemerintah Menjiplak China?”

Pemerintah cenderung meniru negara Tirai Bambu, kata Nuim terlihat Partai utama penguasa, PDIP, secara terbuka mengirim beberapa kali kadernya ke negara berpenduduk 1,4 miliar itu. Mereka belajar dengan Partai Komunis China. Saking eratnya hubungan PKC dan PDIP, Megawati dengan terbuka mengucap selamat ulang tahun kepada PKC pada Juli 2021 lalu.

Bukan hanya PDIP. Beberapa perwira polisi juga ternyata dikirim ke China untuk belajar menangani ketertiban negara. Situs detik.com menulis pada 2017 lalu, 60 calon jenderal KKN di China.

“Ada apa kok China menjadi tempat pembelajaran politisi dan pejabat kita? Ya, China dengan partai tunggalnya, PKC, telah menjadi banyak ahli politik menengok kepadanya. Keberhasilan PKC mengendalikan 1,4 miliar penduduk China untuk taat kepada pemerintah dan fokus pada pembangunan ekonomi,” ungkapnya.

“Kerja kerja kerja” adalah motto China. Perbedaan pendapat dengan pemerintah digerus. Demokrasi tidak ada tempat. Dan orang-orang mengritik pemerintah, harus segera hengkang ke luar negeri.

Nuim mengatakan, pemerintah seharusnya melihat hal yang lebih dalam ke China. Jangan terbelalak hanya dengan pembangunan gedung-gedung megah, infrastruktur dan ekonomi China. Manusia tidak hanya butuh ekonominya dicukupi, manusia juga butuh pendapatnya didengarkan, kreatifitas baiknya disalurkan dan seterusnya.

“Keberhasilan PKC bukan hanya karena kelincahannya dalam mengorganisasikan orang, memainkan propaganda, dan membuat program-program pemerintah menarik di masyarakat. Tapi juga karena budaya masyarakat China yang ratusan tahun (ribuan tahun) dipengaruhi komunisme. Komunisme adalah agama atau pedoman hidup di mayoritas masyarakat China,” jelasnya. (AHM/SN)

Baca Juga   Emosi terkait Pesawat Kepresidenan, Jansen Sitindaon: Durhaka Kalian ke Pak SBY!

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi