Pembangunan IKN Nusantara Tahap Pertama, Bahlil Lahadalia Optimis Ada Rp200 Triliun Investasi yang Masuk

25 October 2022, 1:42

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia mengatakan, minimal ada Rp200 triliun investasi yang akan masuk dalam proyek pembangunan ibu kota Nusantara (IKN) pada tahap pertama.

Pernyataan ini disampaikan Bahlil dalam konferensi pers di Kementerian Investasi, Jakarta, Senin (24/10).

“Minimal Rp200 triliun akan bisa kami wujudkan dalam pembangunan proyek IKN di tahap pertama,” kata Bahlil.

Ia menjelaskan, proyek pembangunan IKN Nusantara banyak dilirik investor, meski perekonomian secara global diprediksi gelap pada tahun 2023. Beberapa negara yang disebutkan bakal berinvestasi dalam proyek tersebut, antara lain Uni Emirat Arab (UEA), Tiongkok, Korea Selatan, dan Taiwan.

“Kami targetkan pada 2023 mereka (UEA) akan masuk di IKN, yang sudah firm itu USD20 miliar, yang sudah oke. Dan mereka akan masuk IKN dan beberapa investasi di sektor yang lain,” imbuhnya.

Mantan Ketua Hipmi ini juga mengungkapkan, sejumlah negara Eropa telah menyampaikan penawaran dan sebagian bahkan telah dibawa kepada Presiden Jokowi. Hanya, soal angka investasi secara pasti, Bahlil tidak menyampaikan lebih detail.

Ia hanya menyebut, dari total investasi IKN sebesar Rp 500 triliun lebih. Hanya sekitar 20 persen yang berasal dari APBN dan sisanya adalah dari investasi.

“Saya jamin bahwa banyak investor yang masuk. Sekarang saya tidak bisa menjelaskan detailnya. Saya selalu berpikir begini, kita boleh transparan tapi jangan telanjang karena kalau semuanya kita buka sementara kita komitmen sama orang jangan dulu dibuka, kita harus menghargai itu,” ungkapnya.

Bahlil melanjutkan, dirinya yakin berdasarkan masterplan yang ada pembangunan IKN Nusantara tahap pertama akan selesai sesuai jadwal. Sehingga pada 2024 rencana melakukan upacara 17 Agustus di IKN Nusantara akan terwujud.

“Untuk tahap pertama berdasarkan masterplan, insya Allah akan sesuai dengan schedule (jadwal). Pada 2024 apa yang dicanangkan pemerintah, untuk kita upacara 17 Agustus di IKN, insya Allah akan terwujud,” pungkasnya. (jpg/fajar)