Pembangunan Double-Double Track Manggarai-Cikarang Menggunakan Pembiayaan SBSN

2 April 2022, 15:01

Pembangunan Double-Double Track Manggarai-Cikarang Menggunakan Pembiayaan SBSN

ILUSTRASI. Progres revitalisasi Stasiun Bekasi yang termasuk dalam bagian proyek pembangunan rel dwi ganda atau Double-Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang paket B ditargetkan selesai akhir tahun 2021.

Reporter: Siti Masitoh | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebutkan alokasi pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau sukuk negara untuk Proyek Strategis Nasional (PSN) yaitu Double-Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang dengan total pengeluaran sebesar Rp 5,6 triliun.

Dia mengatakan, tahapan proyek ini dimulai tahun 2014 dan akan selesai secara keseluruhan pada tahun 2023. Kemudian, total alokasi pembiayaan dari SBSN untuk sektor perkeretaapian di tahun anggaran 2022 adalah Rp 3,5 triliun.

“Dengan alokasi untuk wilayah Jakarta dan Banten adalah Rp 532 miliar masing untuk penyelesaian pembangunan fasilitas perkeretaapian Manggarai-Jatinegara tahap II dan Bekasi-Cikarang, sebagai rangkaian dari rangkaian proyek pembangunan Double-Double Track (DDT) Manggarai–Cikarang,” tutur Sri Mulyani dalam keterangan tertulisnya, dikutip pada Sabtu (2/4).

Baca Juga: Ini 3 Program Prioritas Kemenhub di Ditjen Perkeretaapian

Sri Mulyani telah meresmikan pengoperasian dan penandatanganan penanda aset SBSN fasilitas perekeretaapian Stasiun KA Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Kamis (31/3). Sri Mulyani dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beserta jajaran mengunjungi lokasi pembangunan proyek sarana dan pra sarana perkeretaapian di Stasiun Cikarang.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merupakan Kementerian/Lembaga (K/L) yang pertama kali menggunakan pembiayaan melalui SBSN. Di mana proyek pertama dibiayai SBSN pada tahun 2013 adalah Pembangunan Jalur Ganda KA Cirebon – Kroya sebesar Rp 800 miliar, yang merupakan bagian awal dari proyek Double Track KA Selatan Jawa.

“Ini bentuk akuntabilitas publik. Masyarakat bisa melihat uang kami itu untuk apa. Kami sampaikan kepada Kemenhub dana Rp 52,3 triliun dari APBN kepada Kemenhub,” tutur Sri Mulyani.

Baca Juga: Sri Mulyani Inspeksi Proyek Infrastruktur Ibu Kota Negara Baru

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Reporter: Siti Masitoh
Editor: Wahyu T.Rahmawati


https://nasional.kontan.co.id/news/pembangunan-double-double-track-manggarai-cikarang-menggunakan-pembiayaan-sbsn

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi