Pasca Kebakaran, Ratusan Narapidana Diberi Trauma Healing

17 September 2021, 2:40

KBRN, Tangerang : Pasca kebakaran di Lapas Kelas I A Tangerang, ratusan narapidana menjalani trauma healing.

Dinas Kesehatan Kota Tangerang melalui RSUD Kota Tangerang menerjunkan dua psikiater.

Kabid Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD Kota Tangerang, Amir mengatakan, proses trauma healing berlangsung sejak Selasa pekan ini.

Ditargetkan ada ratusan narapidana di Lapas Kelas 1 Tangerang yang akan diberikan trauma healing.

“Trauma healing ini kita prosesnya enggak mendadak, ada tahapannya dari awal kebakaran itu. Kita bikin kuisioner dan semacamnya,” ujarnya kepada rri.co.id, Kamis (16/9/2021).

Tahapan awal, tim psikiater menyebarkan kuisioner terlebih dulu untuk melihat sejauh mana trauma para narapidana. Setelah melihat jawaban dari beberapa pertanyaan itu, para narapidana yang selamat ini akan dipertemukan dan berkonsultasi dengan psikiater. 

“Ada dua dokter yang kita libatkan, semuanya dari RSUD Kota Tangerang,” sambung Amir.

Pasalnya, narapidana yang mendapatkan trauma healing tidak berasal dari Blok C2 saja yang mengalami kebakaran. Tapi narapidana di Blok C1 dan C3 juga me jalani proses trauma healing.

“Pesertanya itu bukan cuma korban, tapi mereka yang tinggal di sekitarnya, yang terdekat dengan lokasi. Seperti Blok C1, C3 karena mereka kan yang langsung melihat kebakaran itu,” papar Amir. 


https://rri.co.id/nasional/peristiwa/1191604/pasca-kebakaran-ratusan-narapidana-diberi-trauma-healing?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi