Pantau Tes CASN, Plt Gubernur Sulsel: Mudah-mudahan Saya Datang Tidak Hilang Semua yang Dipelajari

16 September 2021, 21:19

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, memantau pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) calon aparatur sipil negara (CASN) 2021 di Celebes Convention Center (CCC), Kamis 16/9/2021.
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, memantau pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) calon aparatur sipil negara (CASN) 2021 di Celebes Convention Center (CCC), Kamis 16/9/2021.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, memantau pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) calon aparatur sipil negara (CASN) 2021 di Celebes Convention Center (CCC), Kamis 16/9/2021.

“Saya tentu mengucapkan selamat akan melaksanakan ujian, tentu perasaannya di hari ini deg-degan. Mudah-mudahan saya datang tidak hilang semua yang dipelajari, karena ternyata itu ada psikologis dalam diri kalau kita yakin dan bisa akan keluar semua,” kata Andi Sudirman Sulaiman, Plt Gubernur Sulsel.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, memantau pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) calon aparatur sipil negara (CASN) 2021 di Celebes Convention Center (CCC), Kamis 16/9/2021.

Andi Sudirman yang hadir pada sesi pertama seleksi hari ketiga (471 mengikuti seleksi) ini memberikan motivasi kepada para peserta sebelum pelaksanaan tes. Tahun ini ada 349 untuk formasi CPNS, non-guru 63 formasi, dan PPPK guru 8.371 formasi.

Seleksi di CCC dilaksanakan bagi CASN lingkup Pemprov Sulsel serta 10 kabupaten/kota lainnya. Sementara, 14 kabupaten/kota melaksanakan secara mandiri.

Baca Juga : Abdul Hayat Dorong Kesadaran Masyarakat Terkait Penguna Transportasi Laut

“Saya tentu mengucapkan selamat akan melaksanakan ujian, tentu perasaannya di hari ini deg-degan. Mudah-mudahan saya datang tidak hilang semua yang dipelajari, karena ternyata itu ada psikologis dalam diri kalau kita yakin dan bisa akan keluar semua,” kata Andi Sudirman.

Ia meminta seluruh peserta berdoa sebelum mengerjakan soal dan diluluskan apabila memang mengabdi kepada negara sebagai ASN adalah jalan hidup terbaik.

“Paling penting untuk menjaga kepercayaan diri, dijawab dulu yang paling diyakini benar. Kemudian baca baik-baik perhatikan bahasa dan kalimatnya, jangan terkecoh dengan soal. Manfaatkan waktu dengan baik, yang sudah selesai jangan menganggu yang lain. Tetap konsentrasi dan fokus. Mudah-mudahan sukses selalu salama-ki’ tapada salama, jaga-ki’ kesehatan dan jaga stabilitas dalam menjawab soal,” tambahnya.

Baca Juga : Dibuka Plt Gubernur Sulsel, Menparekraf Hadir Bawakan Seminar di Konferensi Penyiaran Indonesia

Ia mengakui bahwa pantauan hari ini berjalan lancar, tertib, dan sesuai protokol kesehatan. Demikian juga ketegasan panitia yang menjaga aturan dan ketertiban pelaksanaan ujian. Disediakan ruangan khusus untuk mereka yang memiliki panas tubuh 37 derajat celcius, demikian juga bagi peserta yang positif COVID-19.

“Ini sudah sangat bagus, dan paling penting adalah efisien karena tempatnya satu tempat (CCC) dan bisa untuk 10 kabupaten bergabung 1 tempat,” ucapnya.

Ia berharap, kualitas peserta yang lulus sebagai ASN memiliki integritas, kapasitas, serta siap mengabdi pada masyarakat. Kualitas sumber daya manusia yang baik juga didukung dengan sistem pemerintahan yang baik.

Baca Juga : Sukses Gelar Lomba TikTok, Sekprov Sulsel Apresiasi Inovasi BPOM Makassar

“Tes tidak ada intervensi dan sebagainya, dan ini sudah sistem komputerisasi. Jadi memang kita butuh menjadi luaran ASN yang memiliki integritas tinggi, bagaimana keterampilan dan skill yang mumpini dan kemudian siap untuk menjadi pelayan masyarakat,” harapnya.

Ia menambahkan bahwa sejauh ini kebutuhan PPPK di Sulsel sekitar 11 ribu dan diterima tahun ini 8.000-an sehingga masih terdapat kebutuhan 3.000 tenaga PPPK hingga 2024.

Pemprov juga pada pelaksaan ASN tahun ini mengakomodasi kuota 2 persen bagi CASN dari penyandang disabilitas. Demikian juga tahun depan jika tenaga non-ASN dari pegawai tidak tetap dibutuhkan, akan mengakomodasi penyandang disabilitas.

Baca Juga : Plt Gubernur Sulsel Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Pelajar di Wajo

“Tahun depan kita minta disabilitas untuk PTT, juga ada porsi untuk mereka. Kita di Pemprov dari sekian banyak tenaga non-ASN kita akan masukan juga sesuai dengan kemampuan kerja dan lokasi kerja yang dibutuhkan,” ujarnya.

Penulis : Syukur


https://rakyatku.com/read/204762/pantau-tes-casn-plt-gubernur-sulsel-mudah-mudahan-saya-datang-tidak-hilang-semua-yang-dipelajari

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi